12 Agustus Diperingati sebagai Hari Remaja Internasional

12 Agustus Diperingati sebagai Hari Remaja Internasional
ilustrasi International Youth Day, atau Hari Remaja Internasional. (twitter)

WJtoday, Jakarta - Setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai International Youth Day, atau Hari Remaja Internasional. 

Dalam memberikan perhatian lebih kepada para remaja, banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam Hari Remaja Internasional, seperti konser, acara kebudayaan, serta pertemuan para pejabat pemerinta pusat.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah serta pihak berkepentingan lainnya akan membahas isu-isu yang berkaitan dengan remaja dari seluruh dunia.

Sejarah Dibentuknya Hari Remaja Internasional

Gagasan mengenai hari ini pertama kali diusulkan pada tahun 1991. World Youth Forum of the United Nations System atau Forum Pemuda Dunia dari Sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa hari ini dibentuk dengan tujuan penggalangan dana dalam mendukung kemitraan dengan organisasi-organisasi pemuda.

Tanggal 12 Agustus pun disahkan pada tahun 1999 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa.

Solidaritas Antargenerasi: Menciptakan Dunia untuk Semua Usia

Seperti hari besar lainnya, Hari Remaja Internasional juga memiliki tema khusus untuk tahun 2022. Pada tahun ini, Hari Remaja bertemakan Intergenerational solidarity: Creating a World for All Ages, yang berarti Solidaritas Antergenerasi: Menciptakan Dunia untuk Semua Usia.

Makna dari tema ini adalah meningkatkan kesadaran semua generasi bahwa mereka perlu bekerja sama dan tidak membeda-bedakan usia demi bisa mencapai tujuan yang sama.***