Renungan Senin-Kamis

Amalan yang Dianjurkan Rasulullah saat Malam Jumat

Amalan yang Dianjurkan Rasulullah saat Malam Jumat
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Termasuk juga untuk malam Jumatnya. Banyak kegiatan peribadahan seperti pengajian, tadarus, istighasah dan sebagainya yang berkaitan dengan memuji kebesaran Allah swt.

Ada beberapa amalan yang diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ untuk umatnya pada malam Jumat. Berikut 4 di antaranya:

1. Membaca Surah Yasin
Begitu banyak keutamaan yang didapat saat membaca surat Yasin, terlebih lagi pada malam Jumat. Jika membaca surat Yasin pada malam Jumat, dapat membersihkan pembacanya dari dosa-dosa ketika pagi tiba. Rasulullah pernah bersabda:

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني
Artinya: “Barang siapa membaca Yaasiin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya.” (HR. Asbahaani)

2. Membaca Surat Al-Kahfi
Amalan kedua yang dianjurkan oleh Rasulullah pada malam Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi. Surat ini menceritakan tentang kisah umat terdahulu yang begitu berbakti dan dapat dijadikan teladan yang baik.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi)

3. Membaca Selawat dan Zikir
Selain membaca surat Yasin dan Al-Kahfi, amalan yang dianjurkan pada malam Jumat adalah membaca selawat dan zikir. Sebagai umat yang baik, senantiasa lah mengingat Allah dan Rasul-Nya agar kelak di hari kiamat diberi syafaat.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Perbanyaklah untuk membaca selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

4. Memperbanyak Doa
Amalan terakhir adalah berdoa. Pada malam Jumat perbanyaklah berdoa kepada Allah. Doa merupakan sebuah bentuk kepatuhan manusia kepada Sang Pencipta. Karena fitrah seorang makhluk harus tunduk kepada-Nya. Apalagi, Rasulullah ﷺ pernah berkata kalau ada waktu di hari Jumat yang apabila seorang hamba memohon, maka pasti akan dikabulkan oleh Allah.

Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ: “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang dia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta." (HR. Bukhari dan Muslim).***