Singapore Badminton Open 2022

Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Singapore Open 2022

Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Singapore Open 2022
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak perempat final Singapore Open 2022 usai kalahkan wakil Taiwan, Lin Chun Yi. 

Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Kamis (14/7/2022), Ginting tundukan Lin Chun Yi dengan skor 21-12, 19-21 dan 21-16.

Jalannya Pertandingan 

Sejak awal laga, Anthony Ginting mengambil inisiatif menyerang. Tanpa susah payah, dia mendapatkan poin demi poin dan langsung unggul jauh 7-1.

Pola permainan pemain ranking enam dunia itu sangat efektif untuk menembus pertahanan Lin Chun-Yi. Hasilnya, perolehan poinnya terus bertambah hingga berakhir pada skor 11-1 di interval set pertama.

Usai rehat, Ginting memberikan poin cuma-cuma ada Chun-Yi lewat error yang dibuatnya hingga sang lawan bisa mendekat di angka 11-6. Untungnya, dia bisa kembali menemukan sentuhan terbaiknya dengan cepat dan akhirnya menjauh lagi dengan skor 17-7.

Selisih 10 angka itu pun terus dijaga oleh pemain berusia 25 tahun itu hingga menyentuh skor 20-10. Lalu, set pertama diamankannya tanpa kesulitan dengan skor 21-12.

Tak seperti set pertama, Anthony Ginting memulai set kedua dengan buruk. Pukulannya kurang akurat dan pertahanannya juga sangat lemah. Dia pun langsung tertinggal 0-4 dari Chun-Yi.

Akan tetapi, pemain kelahiran Cimahi itu mampu bangkit dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Namun, serangan dari Chun-Yi berkali-kali sukses menembus pertahanannya sehingga dia tertinggal 7-11 pada interval set kedua.

Selepas jeda, Lin Chun-Yi bisa menjaga konsistensi permainannya. Di sisi lain, Ginting kesulitan untuk mengembangkan permainannya sehingga selisih empat angka tersebut terus terjaga hingga menginjak poin 12-16.

Setelah itu, akhirnya Ginting baru bisa keluar dari tekanan Chun-Yi dan mulai menemukan sentuhan terbaiknya. Dia pun mampu menyamakan kedudukan di angka 16-16 dan 17-17.

Sayangnya, di poin-poin kritis, juara Piala Thomas 2020 itu kembali melakukan banyak kesalahan sendiri. Chun-Yi pun meninggalkannya dengan skor 20-18 dan kemudian merebut set kedua dengan skor tipis, 21-19. Pertandingan pun dilanjutkan dengan rubber game.

Pada set penentuan, pertandingan berjalan sangat sengit. Kedua pemain saling jual beli serangan dan kejar mengejar angka. Namun, setelah skor imbang terjadi di angka 8-8, Ginting berhasil menjauh dengan keunggulan 11-8 saat interval.

Terus menekan, Anthony Ginting terus menjauh dari kejaran Chun-Yi dengan memimpin 16-11. Meski Chun-Yi sempat memangkas jarak menjadi 16-18, pada akhirnya Ginting berhasil mengunci kemenangannya pada set ketiga dengan skor 21-16.***