Awalnya Bidik Jorge Martin, Ducati Ungkap Alasan Pilih Marquez

Awalnya Bidik Jorge Martin, Ducati Ungkap Alasan Pilih Marquez

WJtoday, Bandung - Tim pabrikan Ducati Lenovo berhasil mendapatkan pembalap Spanyol Marc Marquez untuk dua musim 2025 dan 2026. Dia akan dipasangkan dengan pembalap andalan mereka Francesco Bagnaia.

Pilihan awal Ducati sebenarnya adalah pembalap Spanyol lainnya, Jorge Martin. Namun di menit-menit terakhir penentuan, Ducati lebih memilih Marquez ketimbang Martin.

Adapun kemudian, Martin tak ingin bertahan di Ducati setelah gagal menembus tim pabrikan, dia kemudian memilih pindah ke Aprilia.

Lantas apa alasannya, mengingat Martin sebenarnya lebih unggul dibandingkan Marquez secara angka dan hasil di lintasan.

“Kemampuan Marc beradaptasi sangat cepat terhadap motor dan performanya sejak awal musim. Maka, jelas sangat disayangkan kami harus mengatakan tidak kepada Jorge." kata Manajer Ducati Lenovo, Davide Tardozzi, dikutip dari Cycleworld.com., Senin (10/6/2024).

"Kami berusaha mempertahankan kedua pebalap hingga hal itu tidak memungkinkan lagi dan kami berada di persimpangan jalan,” dia melanjutkan.

Mulai tahun depan formasi tim pabrikan Ducati akan semakin menarik dengan kedatangan pembalap dengan delapan gelar juara dunia, Marc Marquez, yang akan menemati Bagnaia selama dua musim.

Namun demikian, Ducati menegaskan bahwa Bagnaia adalah prioritas utama mereka.

“Tentu saja, dia (Marquez) adalah pembalap dengan gelar terbanyak di grid, namun hal ini tidak mengalihkan fokus kami dari sang juara dunia (kami),” kata Manajer Ducati Lenovo, Davide Tardozzi.

“Pecco mendapat kepercayaan penuh dari kami, dia telah memberikan pedoman pengembangan motor dalam beberapa tahun terakhir sehingga Pecco adalah prioritas kami; dia datang sebelum semua orang." imbuhnya menegaskan.  ***