Ayo, Manfaatkan Herbal sebagai Obat Pencegah Covid-19

Ayo, Manfaatkan Herbal sebagai Obat Pencegah Covid-19
Ilustrasi (youtube)

WJtoday, Bandung - Meski pemerintah telah mengeluarkan pedoman pencegahan dan pengendalian virus corona, pada kenyataannya masih banyak orang yang mencari alternatif lain untuk melindungi tubuh dari ganasnya virus. Salah satu cara yang kerap dicari adalah tanaman herbal.

Namun, sudah saatnya juga herbal tak sekedar jadi alternatif. Perlu kita dorong  Indonesia itu kaya dengan sumber alam obat obatan tradisional. Untuk yang jantung koroner ada jamu, untuk bersihkan paru paru ada rebusan kulit jeruk, yang radang otak ada blacksheed.

Sakit lever ada obat herbal dari ekstrak susu sapi.  Untuk menjaga gula darah, kolestrol dan asam urat konsumi setiap hari bawang putih yang dipermentasi dengan madu. 

Kita perlu belajar sebagai inspirasi, hebatnya China adalah mereka menolak rekomendasi WHO tentang obat apa yang harus diberikan kepada pasien Covid-19. China punya obat sendiri mengobati gejala dari terifeksi virus corona.  

Pemerintahnya tidak pernah melarang rakyat mengkonsumsi obat alternatif sesuai dengan budaya lokal. Bahkan mendorong kekuatan lokal ambil bagian memerangi ganasnya virus mematikan tersebut. 

Salah satu kota di China namanya Puer tidak ada orang terinsfeksi Covid-19. Penyebabnya, ternyata warga di Puer  setiap hari sedikitnya 4 kali minum teh Hitam. 

Orang china jadikan teh hitam sebagai alternatif penangkal Cocid-19. Banyak dan beragam cara mereka menangkal penularan virus corona. Setiap daerah berbeda. Dan itu menjadi kekuatan China menghadapi pandemi.

Indonesia memiliki jenis tanaman herbal yang jumlahnya mencapai sekitar 30.000 jenis. Sayangnya, hal tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal untuk obat herbal. 

Berbeda dengan China yang hanya memiliki 13.000 jenis tanaman herbal tetapi mampu membuat lebih dari 10.000 resep obat herbal berstandar premium ( apotik). 

Tanaman herbal sendiri merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki nilai lebih dalam pengobatan. Dalam hal mencegah virus corona, tanaman herbal berperan sebagai peningkat sistem imunitas tubuh. 

Perlu kita kenali, sejauh ini ada beberapa tanaman yang dipercaya mampu tingkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan infeksi. Berikut diantaranya:

1. Daun Kelor
Kandungan asam amino dan antioksidan di dalamnya membuat daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bukan hanya itu saja, antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya mampu menghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen penyebab penyakit dalam tubuh.

2. Jahe Merah
Selain ampuh dalam melegakan tenggorokan dan sistem pernapasan, beberapa kandungan dalam jahe merah diklaim ampuh dalam membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan senyawa aktif gingerol yang bisa mencegah virus corona.

3. Kencur
Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hampir sama dengan jahe, kencur juga mampu membantu sistem pernapasan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, kencur bekerja dengan meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

4. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bahan pewarna alami. Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, kunyit mengandung tinggi antioksidan dan kurkumin pada kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu mencegah virus corona.

5. Cengkeh
Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat. Selain kerap kali digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan, cengkeh ternyata mampu membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuncup bunga pada cengkeh disinyalir mengandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah, serta ampuh dalam membersihkan racun berbahaya dalam tubuh.

6. Temulawak
Temulawak sekilas memiliki penampilan yang mirip dengan kunyit. Bukan hanya tampilannya saja, temulawak juga memiliki peran yang sama dengan kunyit dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin mampu mencegah tubuh terserang virus dan penyakit lain.

7. Jinten Hitam
Tanaman herbal yang terakhir adalah jinten hitam, yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan di dalamnya. Selain mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

8. Daun Meniran
Daun, batang daun, dan akar tanaman meniran ini digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit. Manfaat daun meniran atau Phyllanthus niruri ini biasa diolah menjadi suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup.

Sementara itu sifat antioksidan yang dimiliki daun meniran memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan berbagai macam penyakit. Antioksidan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apa Kata Dokter?
Dilansir dari website FKUI dalam penelitian terkait pencarian antivirus Covid-19, berdasarkan hasil skrining aktivitas ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait mekanisme kerja virus SARS-CoV-2, terdapat beberapa senyawa yang berpotensi menghambat dan mencegah virus corona dalam tanaman herbal.

Senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, quercetin, dan myricetin. Sejauh ini, penemuan tersebut adalah hasil penelitian tahap awal yang harus diteliti dengan lebih lanjut. 

Sama halnya dengan obat dari dokter, bahan-bahan herbal yang dikonsumsi juga bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang, meskipun dalam kasus yang jarang terjadi.

Selain alergi terhadap kandungan-kandungan pada bahan-bahan herbal, reaksi alergi juga muncul apabila mengosumsinya dibarengi dengan obat lain.  *** 
(pam: dari berbagai sumber)