Baim Wong Putuskan Lepas Pendaftaran Citayam Fashion Week di Kemenkumham

Baim Wong Putuskan Lepas Pendaftaran Citayam Fashion Week di Kemenkumham

WJtoday, Jakarta - Artis, Baim Wong memutuskan untuk melepas pendaftaran hak cipta "Citayam Fashion Week" setelah kekisruhan terjadi usai dirinya mengajukan hak cipta nama tersebut ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Dalam video yang diunggah di akun YouTube miliknya pada Senin (25/7) malam, Baim Wong juga meminta maaf bila tindakannya itu membuat resah banyak orang.

Baim Wong mengatakan, semula ia akan mengumumkan melepas pendaftaran hak cipta Citayam Fashion Week tersebut kepada media pada Selasa (26/7). Namun ia memutuskan untuk mengumumkan lewat YouTube terlebih dahulu.

"Intinya saya akan bilang isinya akan seperti ini, saya akan melepas, enggak mau untuk mempertahankan. Kalaupun nanti ada yang bisa saya bantu Citayam Fashion Week ... apapun itu, dengan senang hati," kata Baim Wong.

"Tiger Wong Entertainment mau bantu dalam segi apapun. Sekali lagi, mudah-mudahan permintaan maaf ini didengarkan, didengarkan sama kalian semua," lanjutnya.

Dalam video itu, Baim Wong menunjukkan jejak percakapan dirinya kepada Bonge dan sejumlah pihak lain pada 20 Juli 2022. Ia pun menegaskan telah mencari tahu lebih dulu soal pemilik hak cipta Citayam Fashion Week sebelum mendaftarkan ke Dirjen HAKI.

Baim Wong pun meminta maaf kepada berbagai tokoh publik dan politik bila tindakannya mendaftarkan hak cipta atas "Citayam Fashion Week" tersebut dianggap "merugikan".

"Karena tidak ada niatan sama sekali dari saya, demi Allah, niatan saya arahnya memang buat Citayam, buat mereka semua," kata Baim Wong.

Pernyataan ini keluar setelah pada Senin (25/7), Baim Wong merilis pernyataan awal mula dirinya terlibat dalam pendaftaran HAKI atas Citayam Fashion Week.

Baim Wong sebelumnya diketahui mendaftarkan "Citayam Fashion Week" ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai sebuah hak brand atau merek.

Pendaftaran itu dilakukan di bawah bendera PT Tiger Wong Entertainment, perusahaan yang didirikan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven.

Selain Baim, ada pula Indigo yang mendaftarkan hak atas slogan tersebut. Baik Baim atau Indigo nantinya bisa menguasai hak merek Citayam Fashion Week apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemenkumham, salah satunya yakni mendapat restu dari publik.***