Covid-19 di Indonesia: 6 Positif, Suspect 23 Orang

Covid-19 di Indonesia: 6 Positif, Suspect 23 Orang
Lihat Foto
WJtoday, Jakarta - Juru bicara pemerintah khusus corona Achmad Yurianto menyebut jumlah suspect virus corona (Covid-19) per hari ini, Minggu (8/3/2020), bertambah menjadi 23 orang di seluruh wilayah Indonesia. 

Jumlah tersebut bertambah, sebab sebelumnya Yurianto menyatakan ada 11 suspect corona di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan Kementerian Kesehatan, suspect virus corona berarti orang yang mengalami gejala demam, batuk, gangguan napas serta pernah mengunjungi negara terjangkit corona atau pernah kontak langsung dengan pasien positif corona.

Menurut Yurianto, 23 suspect itu berasal dari 327 yang diperiksa. Spesimen itu dikirim dari 63 Rumah Sakit yang ada di 25 provinsi.

Yurianto menuturkan dari 23 suspect itu, satu di antaranya saat ini tengah dirawat di Bandung. Sedangkan dua orang lainnya tercatat ada di Bali. Namun, ia tak merinci lagi ihwal lokasi suspect lainnya.

Dia menjelaskan suspect tersebut baru akan dinyatakan negatif setelah paling tidak menjalani pemeriksaan hingga delapan kali. Pemeriksaan berulang itu, kata Yurianto, dilakukan karena dalam beberapa kasus pasien dinyatakan positif pada pemeriksaan keenam hingga ke-8.

"Kita tidak boleh mengatakan itu negatif meskipun pemeriksaan negatif, kita harus melakukan serial pemeriksaan negatif berkali-kali. Pada umumnya, kita akan melaksanakan seminggu, 7 kali pemeriksaan, mudah-mudahan pemeriksaan ke-8 negatif," jelas Yuri.


Atas dasar itu, kata Yuri, sampai saat ini 23 suspect masih menjalani perawatan di rumah sakit untuk proses observasi selanjutnya.

"23 masih ditahan di rumah sakit untuk observasi lebih lanjut," ujarnya.

Sementara pada sore ini, Minggu (8/3/2020) Yuri kembali mengumuman dua orang dinyatakan positif terpapar virus corona.

Dua kasus baru tersebut menambah jumlah pasien WNI positif virus corona menjadi total enam kasus.

"Dari hasil laboratorium, dua kasus positif," ujar Yuri di kompleks Istana Kepresidenan,.

Dari dua pasien tersebut, orang pertama yang diidentifikasi sebagai kasus 05 berjenis kelamin laki-laki dengan usia 55 tahun.

Untuk pasien kedua, yang diidentifikasi sebagai kasus 06, merupakan pasien laki-laki berusia 36 tahun. Dia diduga terjangkit corona setelah tertular saat bekerja sebagai anak buah kapal Diamond Princess di Jepang. ***