Mengetuk Pintu Langit Memohon Rezeki yang Halal

Mengetuk Pintu Langit Memohon Rezeki yang Halal
Lihat Foto
WJtoday.com - Mencari rezeki memang menjadi suatu kewajiban, terlebih bagi para kepala rumah tangga. Selain kewajiban, mencari rezeki juga menjadi tuntunan agama dalam rangka menaati perintah Allah untuk menafkahi keluarga.

 Meskipun demikian, ada saja yang mencari rezeki tanpa mempedulikan mana yang halal dan mana yang haram. Bagi sebagian orang, ungkapan “yang halal aja susah apalagi yang halal” seolah-olah menjadi pembenaran atau legalitas atas apa yang mereka kerjakan.

Terlebih Rasulullah SAW pernah menggambarkan perilaku semacam itu dalam sebuah hadis,

يَأْتِي عَلىَ النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِي الْمَرْءُ مَا أَخَذَ أَمِنَ الْحَلَالِ أَمْ مِنَ الْحَرَامِ

“Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana seseorang tidak peduli apa yang dia ambil, apakah dari hasil yang halal atau yang haram.” (Shahih, HR. Al-Bukhari dan An-Nasa’i dari hadits Abu Hurairah z, Shahih At-Targhib no. 1722)

Suapan yang haram tak lain kecuali akan menyebabkan pemakannya terhalangi dari surga. Diriwayatkan dari Abu Bakr Ash-Shiddiq z, dari Rasulullah, beliau bersabda:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ جَسَدٌ غُذِيَ بِحَرَامٍ

“Tidak akan masuk ke dalam surga sebuah jasad yang diberi makan dengan yang haram.” (Shahih Lighairihi, HR. Abu Ya’la, Al-Bazzar, Ath-Thabarani dalam kitab Al-Ausath dan Al-Baihaqi, dan sebagian sanadnya hasan. Shahih At-Targhib 2/150 no. 1730)

 Oleh karena itu, umat Islam hendaknya memperhatikan cara-cara yang mereka lakukan dalam mencari rezeki. Dan juga untuk memudahkan proses tersebut alangkah baiknya jika kita pun menambahnya dengan doa memohon kepada Allah agar rezeki yang halal dan berkah bisa kita dapatkan.

Rezeki dari Allah, maka jika kita menginginkan rezeki yang halal kita wajib memohon kepada-Nya.

Namun kadang kita hanya fokus pada pekerjaan untuk mencari rezeki saja tanpa memohon kelancaran rezeki dari Allah.

Padahal kalau kita sadari, hanya Allah yang memegang kekuasaan untuk mengatur rezeki semua kehidupan yang ada di dunia ini. Oleh karena jangan sampai kita melupakan kekuasaan Allah dalam mengatur rezeki kita.

Ada banyak doa yang diriwayatkan dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam terkait dengan rezeki, tentang bagaimana cara berdoa agar Allah berikan rezeki yang halal dan bermanfaat.

Diantaranya adalah doa berikut:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

 Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa. Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Ini adalah doa yang sangat indah dan baik, yang pertama kita ucapkan di awalnya adalah Wahai Allah yang memiliki makna bahwa kita hanya meminta kepada Allah dan tidak kepada selainnya.

Apa yang kita minta kepadaNya? Yang kita minta adalah pada kalimat selanjutnya yakni ilmu yang bermanfaat baik bagi diri kita sendiri dan bagi orang lain, dan selanjutnya kita pun memohon kepada Allah cara mendapatkan rezeki yang halal bukan dari yang haram, karena rezeki yang haram tidak akan pernah menjadi rezeki yang berkah.

Setelah itu kita lengkapi permohonan kita kepada Allah agar selain memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang halal kita pun menjadi orang-orang yang amal sholehnya diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Demikian salah satu doa yang terkait dengan masalah rezeki yang baik dan halal yang bisa anda amalkan, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan Allah Permudah rezeki kita dari jalur yang halal dan berkah, Allahumma Amin.***