Hari ini Planet Mars Sangat Dekat Dengan Bumi

Hari ini Planet Mars Sangat Dekat Dengan Bumi
Lihat Foto

Wjtoday.com - Fenomena alam semesta kembali terjadi, Planet Mars tengah mendekati Bumi dan bakal mencapai titik paling dekat,hari ini Selasa (6/10/2020). Orbit kedua planet itu bergeser satu sama lain, jaraknya hanya 38,57 juta mil atau 62,07 juta km.

Dikutip dari Express, Mars terakhir kali berjarak sangat dengan Bumi pada tahun 2003. Kala itu, Mars berada pada jarak 34,65 juta mil atau 55,76 juta km.

Kondisi sangat dekat itu mungkin akan terjadi kembali pada 28 Agustus 2287, ketika planet merah itu akan berada pada jarak 34,60 mil atau 55,69 juta km.

Begitulah luasnya ruang dan tata surya sehingga kedua planet itu saling mendekat dengan kecepatan delapan kilometer per detik.

Space.com menggambarkan pendekatan itu sebagai "sangat dekat". Karena posisinya yang semakin dekat ke Bumi, kecerahannya di langit malam akan meningkat.

Para astronom menggunakan skala magnitudo untuk menentukan kecerahan objek astronomi, dan untuk sementara waktu, hasilnya, Mars akan mencapai magnitudo 2,6. Ini akan membuatnya lebih terang dari bintang paling terang di langit, Sirius, yang bersinar pada magnitudo 1,4.


Fenomena Mars berada dekat dengan Bumi kali ini bisa disaksikan dengan mata telanjang. Mars yang berwarna merah dapat dilihat di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar.

Mars diketahui sebagai objek paling terang seperti bintang yang menerangi langit malam. Sedangkan planet Venus menjadi benda langit paling terang ke-3 setelah matahari dan bulan yang memiliki sinar lebih terang dari Mars.

Jarak yang dekat dengan bumi tersebut tak membahayakan. Hal itu karena Mars dan bumi memang berada pada orbit yang sedikit elips. Dengan demikian, berarti mereka terkadang bisa sangat dekat satu sama lain.***