backgroud
logo

Inspirasi

 

Cara Cek NIK Masih Valid atau Tidak  Secara Online

Cara Cek NIK Masih Valid atau Tidak  Secara Online

 
Cara Cek NIK Masih Valid atau Tidak  Secara Online
NIK sangat penting berfungsi untuk menelusuri atau mengetahui identitas penduduk Indonesia. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Kamis, 22 Oktober 2020 | 06:15 WIB
WJtoday.com - Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan serangkaian 16 nomor unik dan penting di Kartu Tanda Penduduk  (KTP). Nomor ini sangat penting berfungsi untuk menelusuri atau mengetahui identitas penduduk Indonesia.

Deretan NIK biasanya diperlukan saat hendak membuka rekening, membuat  paspor, keperluan menikah atau melakukan proses administratif lainnya. Karena itu, tiap orang harus mengetahui NIK miliknya masih valid atau tidak agar tak menjadi hambatan saat mengurus administrasi di kemudian hari.

Jika sudah tidak valid, tiap orang harus melakukan proses untuk mendapatkan NIK kembali. Untuk mengetahui apakah 16 nomor tersebut masih valid atau tidak, berikut cara cek NIK online:

A. Cara cek NIK online lewat telepon dan WhatsApp
Masyarakat dapat menggunakan smartphone untuk melakukan pengecekan NIK melalui SMS atau WhatsApp. Untuk melakukan
pengecekan NIK dengan SMS, dapat dicoba dengan mengirimkan format SMS : Cek#KTP#NIK dan kirim ke nomor milik Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999.

Sedangkan untuk cek NIK melalui WhatsApp, maka masyarakat dapat mengirimkan pesan dengan format: nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota dan kirim ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479.

Meski tidak instan, namun beberapa saat kemudian pengguna akan mendapat balasan sesuai dengan permohonan.

B. Cara cek NIK online lewat Facebook atau Fb dan Twitter
Alternatif lain cara cek NIK online adalah memanfaatkan personal chat di Facebook dan Twitter. Akun yang bisa dihubungi adalah Halo Dukcapil untuk Facebook sedangkan untuk akun Twitter resmi Disdukcapil '@ccdukcapil'.

Pengguna kedua media sosial tersebut dapat menghubungi melalui personal chat, dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarg

C. Cara cek NIK online melalui email
Opsi berikutnya adalah cara cek NIK online melalui email di alamat callcenter.dukcapil@gmail.com.

Masyarakat dapat memilih opsi berkirim permohonan melalui email yang dikirim ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Jangan lupa

isi email di badan email, sesuai dengan format yang ditentukan Pemerintah, yakni ketik:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan dan kirim ke alamat email tadi.

Namun cara yang satu ini juga tak instan, karena biasanya baru akan diproses dalam 1 x 24 jam.

Email balasan akan memberi informasi apakah nomor NIK masih valid atau tidak.

Cara cek NIK online yang telah disebutkan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan simpel. Selanjutnya diharapkan proses administratif kependudukan tidak lagi menjadi hal yang menyulitkan.

D. Cara Cek NIK online melalui Situs Pemerintah
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turut memfasilitasi akses pencarian NIK masyarakat secara online melalui situs resmi mereka. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui alamat situs di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Buka situs seperti biasa di browser pengguna, lalu cari menu e-KTP dan isikan NIK pengguna serta tekan tombol enter di keyboard. Setelah itu, jika data KTP memang benar valid dan terkoneksi, maka pengguna akan diarahkan menuju tampilan yang berisi data lengkap seperti di dalam KTP.

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara cek NIK online tanpa harus berangkat ke kantor Dukcapil, masyarakat dapat menerapkannya tanpa harus mengganggu aktivitas hariannya.

Tentu pengecekan ini sangat penting guna memastikan tidak ada data dobel, data yang tidak valid, seperti penulisan nama yang tak sesuai, alamat keliru, dan sebagainya. ***

WJT / nun

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya