backgroud
logo

Inspirasi

 

Wanita Asal Tasik ini Masuk 50 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Wanita Asal Tasik ini Masuk 50 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

 
Wanita Asal Tasik ini Masuk 50 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.. (Instagram/@Nicke_Widyawati)
WJtoday
Jumat, 23 Oktober 2020 | 06:15 WIB
WJtoday,Bandung - Media bisnis global Fortune menobatkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia (most powerful women international) 2020. 

Ia menempati peringkat 16 dari 50 perempuan dunia. Dalam laporan di laman resminya, Fortune menyebutkan Nicke mengawasi perusahaan dengan pendapatan tahunan lebih dari US$54,6 miliar dan membawahi 32.000 karyawan. 

Nicke, perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 25 Desember 1967 ini diangkat menjadi Dirut Pertamina pada 2018 menggantikan pendahulunya yang diberhentikan dalam kerangka restrukturisasi perusahaan.

Nicke diangkat menjadi direktur utama Pertamina pada 2018 setelah pendahulunya diberhentikan di tengah upaya restrukturisasi. Diketahui, Nicke sebelumnya menjabat Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN pada November 2017. 

Pemerintah menegaskan kembali kepercayaannya kepadanya untuk melakukan transformasi perusahaan selama dua tahun ke depan. 

Penetapan Nicke sebagai Direktur Utama Pertamina menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Tasikmalaya, terutama keluarga besar SMAN 1 Kota Tasikmalaya. Nicke adalah alumnus sekolah yang berada di Jalan Rumah Sakit itu.

Nicke sendiri, menanggapi positif atas penobatan dirinya sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. 

"Kami tetap memprioritaskan pengabdian pada bangsa, pelayanan masyarakat, dan menjawab tantangan energi global," ujar Nicke dalam keterangannya, Jakarta, kemarin. 

Pemeringkatan Fortune, katanya, merupakan apresiasi bukan hanya untuk dirinya seorang, melainkan apresiasi untuk tim Pertamina. 

"Posisi ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh elemen di Pertamina dan dukungan seluruh stakeholder," imbuh Nicke.

Dalam daftar tersebut, posisi pertama ditempati CEO GlaxoSmithKline Emma Walmsley perusahaan farmasi yang berpusat di Brentford, Inggris.

Disusul Jessica Tan, perempuan China yang menjabat sebagai Co-CEO dan Executive Director Ping An Group, perusahaan asuransi berbasis keuangan dan teknologi.

Di tempat ketiga perempuan Spanyol, Executive Chairman Banco Santander, perusahaan bank berbasis di Madrid, Spanyol.

Keempat, Helena Helmersson, perempuan berkewarganegaraan Swedia, H&M Group, perusahaan fesyen bersakala global.***

WJT / Wan

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya