Liga Italia: Atalanta kalah di Kandang, Inter dan Lazio Menang

Liga Italia: Atalanta kalah di Kandang, Inter dan Lazio Menang
Lihat Foto
WJtoday.com - Atalanta menelan kekalahan kedua secara beruntun di liga domestik setelah ditaklukkan tamunya Sampdoria dengan skor 1-3 pada pertandingan putaran kelima Liga Italia yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Sabtu waktu setempat.

Gol Fabio Quagliarella (13') membuka keunggulan Il Samp yang bertahan sampai turun minum. Sampdoria kemudian menggandakan keunggulan melalui gol Morten Thorsby (59'). Atalanta sempat memperkecil ketertinggalan melalui penalti Duvan Zapata (80'), sebelum Jakub Jankto (90') membukukan gol penutup untuk menghiasi kemenangan tim tamu.

Kemenangan itu mendongkrak Sampdoria ke peringkat keempat dengan sembilan poin, sedangkan Atalanta tertahan di peringkat ketiga dengan koleksi poin yang sama.

Sampdoria memecah kebuntuan ketika Mikkel Damsgaard mengirim umpan kepada Quagliarella di sisi kiri. Penyerang gaek tersebut kemudian mengecoh Jose Luis Palomino dan melepaskan tembakan kaki kiri dari sudut yang sulit menembus gawang Atalanta.

Atalanta mencoba segera bangkit dan mendapat peluang berbahaya dari Gomez dan Ilicic yang gagal berbuah gol. Namun justru Sampdoria yang mendapat hadiah penalti setelah peninjauan VAR menyatakan tangan Johan Mojica mengenai bola di kotak terlarang.

Quagliarella bertindak sebagai algojo penalti. Kali ini kiper Marco Sportiello menjadi pahlawan bagi Atalanta, berkat keberhasilannya menebak arah sepakan sang penyerang Sampdoria.

Agresif menyerang, justru Atalanta yang harus kemasukan untuk kedua kalinya saat Jankto mengirimkan umpan yang disambut tandukan Thorsby.

Upaya keras Atalanta untuk memperkecil ketertinggalan baru didapat setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada mereka, akibat pelanggaran Balde Keita terhadap Zapata. Zapata sendiri yang mengeksekusi penalti, dan ia sukses menjalankan tugasnya.

Namun Sampdoria masih dapat merestorasi keunggulan dua gol pada fase akhir laga. Dari satu serangan balik, Keita berlari ke depan, mengecoh dua pemain Atalanta, dan menggulirkan bola untuk dikonversi Jankto menjadi gol penutup.

Pada pertandingan lainnya, Inter Milan berhasil memetik kemenangan 2-0 atas Genoa. Berstatus sebagai tim tamu, Inter mendominasi jalannya pertandingan.

Pada pertengahan babak kedua Inter akhirnya  dapat mencetak gol perdananya di laga tersebut. Romelu Lukaku menjadi pemain yang menyumbangkan gol pertama untuk Inter, yang disusul Danilo D’Ambrosio di menit ke-79.

Dengan kemenangan 2-0 atas Genoa itu, Inter  kini berada di peringkat ketiga pada klasemen sementara Liga Italia 2020-2021. Inter  telah mengumpulkan 10 poin dan hanya berbeda dua angka dari AC Milan yang bertengger di puncak klasemen kompetisi tersebut.

Terakhir ada pertandingan yang mempertemukan antara Lazio vs Bologna. Jika pada dua laga sebelumnya tim kandang selalu menelan kekalahan, maka Lazio justru meraih kebalikannya.

Skuad asuhan Simone Inzaghi itu berhasil menang 2-1 berkat gol dari Luis Alberto dan Ciro Immobile. Kemenangan atas Bologna  membuat Lazio dapat memperbaiki posisi mereka di klasemen.

Lazio yang sudah tiga kali pertandingan di Liga Italia tak pernah merebut kemenangan kini pada akhirnya kembali merasakan atmosfer kemenangan. Meski berada di urutan ke-10, namun jarak antara Lazio dengan Milan hanya berbeda lima poin saja.

Hasil pertandingan selengkapnya:

Atalanta 1-3 Sampdoria
Genoa 0-2 Inter
Lazio 2-1 Bologna

Klasemen sementara: