Presiden Jokowi Terima Menlu Amerika Serikat di Istana Kepresidenan Bogor

Presiden Jokowi Terima Menlu Amerika Serikat di Istana Kepresidenan Bogor
Lihat Foto
WJtoday, Bogor - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael R. Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pompeo diterima oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. 

Keduanya lengkap dengan mengenakan masker, sesuai dengan protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19. Pompeo kemudian diajak masuk dan bertemu dengan Jokowi di dalam Istana Kepresidenan.

Kedatangan Pompeo ke Istana Bogor didampingi Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Sung Yong Kim. 

Dalam pertemuan itu tidak ada penyambutan khusus.


Usai saling menyapa Jokowi dan Pompeo langsung menuju beranda Istana Bogor sambil berbincang. 

“Good morning nice to see you again,” ujar Jokowi di Istana Bogor, Kamis (29/10/2020).

Setelah itu, keduanya langsung melakukan rapat di dalam istana. 

"Kunjungan anda di tengah pandemi ini menunjukan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika. Dan selama pandemi ini saling berkunjung antara pejabat kita cukup intensif," kata Jokowi saat membuka rapat tersebut.

Sebagaimana sambutan Jokowi pada tamunya, Pompeo juga diajak ke beranda istana untuk melihat halaman Istana.

Sebelum bertemu Jokowi, Pompeo sebelumnya bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. Keduanya juga telah memberi pernyataan pers resmi terkait kunjungan Pompeo tersebut.

Lawatan ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungan luar negeri ke Asia yang dilakukan Pompeo. Sebelum ke Indonesia, Pompeo mengunjungi, India, Sri Lanka dan Maladewa.

Sebelum kunjungan Pompeo pada Kamis ini, beberapa pejabat antara Indonesia dan AS juga telah saling melakukan lawatan resmi, di antaranya Wakil Menteri Pertahanan AS dan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC) yang telah mengunjungi Indonesia. 

Selain itu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto juga telah berkunjung ke AS.***