Jawa Barat Juara Umum Pekan Pemuda Nasional 2020

Jawa Barat Juara Umum Pekan Pemuda Nasional 2020
Lihat Foto
WJtoday.com - Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum pada Pekan Pemuda Nasional 2020 (PPN 2020) yang resmi ditutup semalam (31/10), setelah menggelar rangkaian kompetisi.

Kompetisi tersebut melibatkan tujuh Cakerda dan 33 Pertandingan selama empat hari penyelenggaraan, terhitung sejak opening ceremony pada 28 Oktober 2020 lalu yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Jawa Barat meraih predikat juara umum PPN 2020 dengan kalkulasi 8 emas, 1 perak dan 6 perunggu. Disusul oleh Jawa Timur dengan 7 emas dan 6 perak.

Kemudian ada Riau dengan 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu, lalu DKI Jakarta dengan 2 emas, 9 perak dan 5 perunggu, serta Sumatra Utara berhasil meraih 2 emas, 5 perak dan 1 perunggu pada klasemen 5 besar perolehan medali PPN 2020.

Bertema "Kreativitas Tanpa Batas di Era Pandemic COVID-19", Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menitipkan pesan kepada pemuda agar menjadi garda terdepan dalam bangkitkan optimisme bangsa.

"Apresiasi untuk PPI yang sejak berdiri bertujuan untuk kemajuan bangsa. Lahirlah kreativitas, lahirlah inovasi, dan berada di garda paling depan untuk menyampaikan narasi-narasi positif, membangkitkan optimisme di tengah masyarakat," kata Zainudin Amali dalam siaran video yang diterima di Jakarta.

Adapun pada closing ceremony semalam, PPN 2020 ditutup oleh Deputi 2 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A.

Turut hadir pula Ketua Nasional Perkumpulan Pemuda Indonesia Natalis Situmorang, Sekertaris Nasional PPI Angga Busra Lesmana, dan Ketua Dewan Pengawas PPI Dr. Samsudin, MSc juga Ketua Dewan Pembina PPI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T.

PPN berikutnya akan diadakan pada 2023, selanjutnya Perkumpulan Pemuda Indonesia/PPI akan segera melakukan Roadshow ke Gubernur-gubernur untuk mensosialisasikan Pekan Pemuda Provinsi untuk di selenggarakan serentak di tanggal 28 Oktober 2021.***