Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Nominasi Oscar 2021

Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Nominasi Oscar 2021
Lihat Foto

Westjavatoday.com - Film garapan sutradara Joko Anwar, "Perempuan Tanah Jahanam" resmi menjadi wakil Indonesia di Academy Awards (Oscar) ke-93 yang akan dihelat April 2021. Film dengan judul internasional "Impetigore" akan bersaing di kategori Film Fitur Internasional (International Feature Film).

Film Perempuan Tanah Jahanam ini   sukses menyisihkan 59 film lain di Indonesia.

Menurut Komite Seleksi Oscar Indonesia, proses penetapan ini dilakukan pada salah satu puncak keemasan film Indonesia pada 2019. Pada tahun tersebut, ada 140 film yang muncul di Indonesia. Jumlah penontonnya dalam setahun juga mencapai 50 juta pasang mata!

“Film kedelapan Joko Anwar ini dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia yang diketuai sineas Garin Nugroho dari 59 film Indonesia lain,” tulis keterangan Komite Seleksi Oscar Indonesia.

Sutradara film ini Joko Anwar menyambut gembira kabar nomisasi ini. Terlebih, film bikinannya itu akan mencetak sejarah sebagai film horor pertama yang mewakili Indonesia di ajang Oscar.

“Semoga Perempuan Tanah Jahanam bisa jadi representasi yang baik untuk film Indonesia dan membuat audiens internasional ingin mengetahui lebih banyak tentang film Indonesia,” kata Joko Anwar.

Sebelum mewakili Indonesia di Oscar, Perempuan Tanah Jahanam sudah dikenal dengan reputasi keren karena meraih sejumlah penghargaan berlevel internasional. Film tersebut sempat terpilih untuk ditayangkan di kategori International Premiere  dalam festival bergengsi Sundance Film Festival pada Januari 2020.

Selain itu, film ini  juga meraih Melies Award for Best Asian Film di Bucheon International Fantastic Film Festival 2020 di Korea Selatan.

Tak hanya tayang di Indonesia, film Perempuan Tanah Jahanam juga berkibar di bioskop di berbagai negara seperti di Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Sementara itu Perempuan Tanah Jahanam berhasil mendapat 17 nominasi Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2020 sekaligus mencetak rekor sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah gelaran FFI.***

Perempuan Tanah Jahanam masuk Oscar 2021. (Twitter.com/jokoanwar)