Mang Oded Tolong Perhatikan! 2 Mahasiswa Meninggal Akibat Pohon Tumbang di Bandung

Mang Oded Tolong Perhatikan! 2 Mahasiswa Meninggal Akibat Pohon Tumbang di Bandung
Lihat Foto
WJtoday, Bandung - Nasib nahas menimpa dua mahasiswa yang tewas akibat tertimpa pohon tumbang di Jalan Tamansari, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Sabtu (14/11/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB. 

Selain menimbulkan korban jiwa, pohon tumbang juga menyebabkan motor yang dikendarai korban rusak. 

Kapolsek Bandung Wetan Kompol Syaifuddin Gayo mengatakan, kronologi peristiwa pohon tumbang itu  berawal saat kedua korban yang berboncengan motor dengan nopol Z 1015 AZ melintas di lokasi kejadian. 

Tiba-tiba, sebatang pohon tumbang dan menimpa korban beserta motornya. Akibatnya, kedua korban mengalami luka parah.

Korban pertama  Endang Taufik Hidayat (24), mahasiswa asal Dusun Cikawao RT 03/10, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang langsung meninggal di tempat kejadian. 

Sementara korban lainnya, Ian Kristianti (21), Mahasiswa warga Dusun Lumajang RT 03/08,Desa Sukawangi,Kecamatan Pamulihan, sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Borromeus selama 45 menit. 

Namun luka parah yang dialaminya mengakibatkan jiwa korban tidak terselamatkan dan meninggal dunia sekitar pukul 22.05 WIB.

Peristiwa pohon tumbang hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa memang bukan kali ini saja terjadi.

Pihak Pemerintah Kota Bandung pun telah mengingatkan warga yang berkendaraan untuk lebih berhati hati karena musim hujan disertai angin kencang dapat sewaktu waktu mengakibatkan pohon tumbang.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Roslina menuturkan, pihaknya akan memberikan asuransi kepada warga yang menjadi korban pohon tumbang pada periode Oktober 2020 hingga Oktober 2021. Selain itu, hal serupa juga diberikan kepada pemilik kendaraan yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang yang dikelola Pemkot Bandung.

"Kerusakan kendaraan maksimal Rp25 juta. Kalau menimpa manusia dan mengalami luka akan diberikan Rp20 juta. Jika hingga meninggal dunia sebesar Rp50 juta," ujar Roslina dalam keterangannya, Kamis (12/11/2020).

Roslina menjelaskan, masyarakat yang menjadi korban pohon tumbang dapat melaporkan peristiwa yang dialami ke polisi. Selanjutnya, melapor ke DPKP3 dan akan diproses oleh pihak asuransi.

Menurut Roslina, saat ini terdata ada 1.980.000 pohon di Kota Bandung. Dari jumlah itu, DPKP3 sudah mengidentifikasi sebanyak 40.500 pohon. Adapun pada Oktober lalu pihaknya telah memangkas 2.591 pohon.

"Kita sudah memaksimalkan dengan memilah dan memangkas pohon. Jika pohon sudah memang kelihatan kering dan keropos, kita akan pangkas," kata dia.

"Kita lakukan pengembangan pohon yang rawan tumbang sebanyak 57 pohon. Itu kita ganti pohon baru," ujarnya menambahkan.

Roslina menerangkan, sepanjang 2020 telah terjadi 150 kasus pohon tumbang. Dari jumlah itu, di antaranya sebanyak 75 kasus akibat patah dahan, sedangkan 61 akibat akar.

Selain memaksimalkan pemeliharaan, pihaknya rutin memangkas di empat lokasi dalam satu hari.

"Kita rutin pemangkasan, dalam satu hari minimal empat lokasi pemangkasan, mulai dari akar, tinggi pohon, dan ranting," Roslina menjelaskan.***