Ribuan Pendukung Trump Berdemo di  Washington DC

Ribuan Pendukung Trump Berdemo di  Washington DC
Lihat Foto
Wjtoday, Washington - Ribuan pendukung Presiden AS Donald Trump menggelar unjuk rasa di Washington DC sejak Sabtu 14 November 2020.

Tiga agenda unjuk rasa pro Trump yang beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir:  "Pawai Sejuta MAGA," "Perempuan bagi Trump" dan "Stop Pencurian."

Demonstrasi itu mendukung klaim-klaim presiden terkait adanya kecurangan dalam pemilihan presiden (pilpres) pada 3 November. Klaim-klaim itu sejauh ini belum terbukti.

“Ratusan ribu orang menunjukkan dukungan mereka di DC. Mereka tidak akan mendukung Pemilu yang Dicurangi dan Korup!” kicau Donald Trump di Twitter, dikutip dari Reuters, 15 November 2020.

Trump telah menolak menyatakan kekalahannya dari mantan wakil presiden Joe Biden dalam pilpres, menuding adanya penyimpangan dalam beberapa negara bagian yang diperebutkan. Para pejabat negara bagian telah melaporkan tidak ada penyimpangan serius dalam pemilu yang bisa mengubah hasil.

Sekitar dua jam sebelum aksi pro-Trump dimulai, iring-iringan kendaraan Trump melintasi jalan Pennsylvania Avenue. Trump tersenyum dan melambaikan tangan ke ratusan demonstran yang memberikan dukungannya kepada presiden yang akan berakhir masa jabatannya itu.

Aksi demonstrasi itu dipromosikan oleh tokoh-tokoh media konservatif serta nasionalis kulit putih.

Puluhan Proud Boys, sebuah kelompok sayap kanan pro Trump, turun ke jalan, beberapa mengenakan helm dan rompi balistik, sementara anggota gerakan sayap kiri yang dikenal sebagai antifa melakukan demonstrasi tandingan.

Kepolisian kota menangkap sedikitnya 10 orang, termasuk beberapa yang dituduh melakukan penyerangan.

Pawai itu sebagian besar berlangsung damai, meskipun banyak perkelahian terjadi antara pendukung Trump dan kontra-pengunjuk rasa.***