Pemkot Bandung Kunjungi & Beri Santunan Korban Pohon Tumbang di Tamansari

Pemkot Bandung Kunjungi & Beri Santunan Korban Pohon Tumbang di Tamansari
Lihat Foto
WJtoday, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan santunan dan menjamin asuransi korban meninggal akibat tertimpa pohon di Jalan Tamansari, yang terjadi pada Sabtu (14/11/2020).

Tak hanya, Wali Kota Bandung diwakili Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Dharmawan menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban di Kecamatan Pamulihan Sumedang.

Diketahui, akibat tertimpa pohon, korban Endang Taufik Hidayat (23) meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan Ian Kristianti (20) yang dibonceng korban Endang, meninggal di RS Santo Borromeus, Jalan Ir H Djuanda (Dago) Kota Bandung.

Dadang Dharmawan melayat ke rumah duka di Pamulihan, Sumedang, Minggu (15/11/2020), bersama Camat Bandung Wetan Sonny Bachtiar dan Camat Arcamanik Firman Nugraha.

"Kami datang menyampaikan ucapan duka cita dari Pak Wali Kota dan juga minta izin kalau keluarga berkenan karena musibahnya tertimpa pohon tumbang untuk menguruskan santunan melalui asuransi," kata Dadang.

Dadang mengemukakan, kedua keluarga korban telah menerima peristiwa tersebut sebagai musibah. 

"Pemkot Bandung telah menyiapkan santunan jika ada korban pohon tumbang. Syaratnya, pohon yang tumbang merupakan pohon yang diawasi Pemkot Bandung," ujar Kadis PKP3 Kota Bandung.

Terkait pohon yang tumbang di Tamansari, Dadang menuturkan, pohon tersebut merupakan jenis ganitri. Dinas PKP3 Kota Bandung telah memangkas pohon karena memang sudah terlalu tinggi beberapa waktu lalu.

"Batang luarnya masih bagus, tapi di dalam, setengahnya sudah keropos. Pemangkasan pohon di Tamansari sebenarnya sudah sebulan lalu selesai. Namun karena ada kejadian ini, kami akan lihat lagi pemeliharaan di daerah itu," tutur Dadang.

Selain di Tamansari, Dadang juga akan memelihara secara berkala pohon-pohon di kawasan lainnya. Pemeliharaan dengan cara pemangkasan ini merupakan program rutin DPKP3. 

"Ke depannya kita akan lebih itens lagi pemeliharaan pohonnya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pohon tumbang di Jalan Tamansari, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung pada Sabtu (14/11/2020) sekitar pukul 21.00 WIB, menimpa pengendara motor Endang Taufik Hidayat yang membonceng Ian Kristiani. Motor yang mereka kendarai nopol Z 1015 AZ pun rusak.

Korban Endang meninggal dunia di lokasi kejadian, sedangkan Ian Kristiani sempat dibawa ke RS Santo Borromeus, Jalan Ir H Djuanda, untuk mendapatkan perawatan medis. Namun Ian pun akhirnya meninggal dunia.

Korban Edang Taufik Hidayat merupakan mahasiswa asal Dusun Cikawao RT 03/10, Kecamatan Pamulihan, Kabuoaten Sumedang. Sedangkan Ian Kristiani, berstatus mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba). Ian warga Dusun Lamajang RT 03/08, Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.***