Legenda Timnas Indonesia Era 80'an, Ricky Yacobi Meninggal Dunia

Legenda Timnas Indonesia Era 80'an, Ricky Yacobi Meninggal Dunia
Lihat Foto
WJtoday, Jakarta - Dunia sepak bola nasional baru saja ditinggal salah satu legendanya, Ricky Yacobi. Legenda timnas Indonesia era 80'an itu menghembuskan nafas terakhir, Sabtu (21/11/2020) pagi WIB.

Kabar wafatnya Ricky tersiar melalui pesan singkat. Pesan tersebut menyebut Ricky meninggal dunia di Rumah Sakit Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain Nasional kita bang Ricki Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah. Alfatihah," tulis pesan tersebut

Sebelum meninggal dunia, Ricky Yacobi diketahui tengah mengikuti kegiatan pertandingan sepak bola di kawasan Senayan, Jakarta. Ricky diketahui tengah bermain bola sebelum ambruk karena serangan jantung. Kesaksian pun dituturkan Vennard Hutabarat, rekan satu tim Ricky saat pertandingan berlangsung.

Menurut Vennard, Ricky bersama dirinya ikut serta di tim Ribak Sude dalam turnamen Trofeo Medan Selection di lapangan A, Senayan Jakarta. Pertandingan dimulai sekitar pukul 8.30 WIB.

"Main 15 menit setelah bang Ricky Yacobi bikin gol terus pelukan sama saya. Terus dia kayak terduduk sujud. Orang pikir dia mau selebrasi cetak gol," kata Vennard yang juga mantan pemain timnas futsal Indonesia.

Vennard mengatakan waktu itu, ia merasa ada yang tak beres dengan raut wajah Ricky. Seketika itu pula, Vennard langsung memanggil para pemain lain untuk membantu menyadarkan sang legenda.

Menurut penuturannya, Ricky Yacobi sempat kembali bernafas sebelum tak sadarkan diri lagi. Ricky akhirnya dilarikan ke rumah sakit Mintoharjo untuk mendapat perawatan.

"Di sana diputuskan jam 9.30 sudah meninggal," kata Vennard yang saat ditelpon masih berada di rumah duka.

Ricky Yacobi meninggal dunia di usia 57 tahun. Pria kelahiran Medan, 12 Maret 1963 tercatat membantu timnas Indonesia membawa pulang medali emas SEA Games 1987.


Kurang Tidur

Vennard menambahkan, sebelum bermain, ia tak melihat ada yang aneh dari tubuh Ricky. Malah, Ricky terlihat sehat dan bercanda dengan rekan sesama pemain di turnamen tersebut.

"Bercanda-bercanda, tertawa. Pertandingan pertama, pemanasan masih normal. Gak ada kendala apa-apa," katanya.

Karena itulah Vennard menduga Ricky kurang tidur sebelum pertandingan. Menurutnya, Ricky sudah ada di lokasi dari jam enam pagi.

Padahal, rumah Ricky ada di kawasan Bintaro. "Orang yang datang pertama, jam enam sudah ada bang Ricky. Jadi kalau saya lihat memang kurang tidur," katanya.


Dimakamkan Usai Ashar

Sebelum dipastikan meninggal dunia, awak media sempat menerima pesan singkat yang menyebut Ricky Yacobi wafat. Legenda timnas Indonesia era 80an itu disebut wafat saat sedang bertanding sepak bola.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain Nasional kita bang Ricki Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah. Alfatihah," tulis pesan tersebut.

Rencananya, Ricky dimakamkan usai Ashar di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Selamat jalan Ricky Yacobi.***