Cucu Sugyati: tak Disiplin 3M, tak Ada Libur Panjang

Cucu Sugyati: tak Disiplin 3M, tak Ada Libur Panjang
Lihat Foto
WJtoday, Bandung - Masa libur panjang ditengarai menjadi penyebab meningkatnya penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. 

Sejumlah pihak termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah pakar kesehatan meminta pemerintah meniadakan libur panjang akhir tahun 2020. 

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Cucu Sugyati angkat suara, keputusan libur panjang akhir tahun memang ditentukan pemerintah. 

"Namun jangan lupa, terkait keputusan itu bergantung kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan." kata Cucu di Bandung, Kamis (19/11/2020).

"Keputusan libur panjang, walaupun ditentukan pemerintah, namun prinsipnya sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M. Jadi kalau tidak ada disiplin, tidak ada libur panjang." lanjutnya.

Apabila masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, sehingga membuat kasus Covid-19 meningkat, maka akan ada konsekuensi terhadap keputusan yang diambil pemerintah terkait masa libur akhir tahun. 

Namun legislator dari Partai Golkar ini mengingatkan lonjakan kasus usai libur panjang akhir Oktober lalu menjadi pelajaran bagi masyarakat.

Dia berharap pengalaman itu menjadi pembelajaran bersama untuk menghadapi aktivitas liburan di masa yang akan datang.

"Terlepas diberlakukannya, disingkatnya, atau ditiadakannya libur akhir tahun ini, yang terpenting adalah tetap disiplin terapkan protokol kesehatan." ujar Cucu.

Lebih lanjut Ia pun menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat Jabar untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol penanganan Pandemi COVID-19 dengan berdiam diri di rumah, membatasi aktifitas di luar ruang yang melibatkan banyak orang, dan menerapkan pola hidup sehat. 

“Kita bersama-sama mematuhi itu sehingga dengan langkah ini kita bisa menekan angka penyebaran COVID-19, dan harus ada sinkronisasi untuk tetap menjaga kesehatan. Agar pandemi ini cepat berakhir dan kehidupan bisa berjalan seperti sedia kala lagi.”pungkasnya.   ***