Kabar Duka, Diego Maradona Meninggal Dunia

Kabar Duka, Diego Maradona Meninggal Dunia
Lihat Foto

Westjavatoday.com - Kabar duka datang dari dunia sepakbola. Legenda Sepakbola Dunia Diego Maradona  meninggal dunia di usia 60 tahun.

Menurut laporan dari BBC, Maradona wafat akibat serangan jantung. Legenda sepakbola asal Argentina itu menghembuskan napas terakhir di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam WIB.

Pada awal November ini, Maradona sempat menjalani operasi akibat hematoma subdural, yang merupakan adanya gumpalan darah di permukaan otak. Operasi yang berlangsung di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina. Operasi tersebut berlangsung sukses dan sang legenda diperbolehkan pulang dua pekan sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Maradona mengawali kariernya bersama Argentinos Juniors di usia 16 tahun dan kemudian berkembang menjadi salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Pemain berkaki kidal ini pernah memperkuat Boca Juniors,  Barcelona, Napoli, Sevilla, dan Newell's Old Boys semasa bermain. Ia kemudian menjadi pelatih dan menangani sejumlah tim seperti Racing Club, Dorados, timnas Argentina, dan hingga kematiannya masih berstatus sebagai pelatih Gimnasia de la Plata.

Puncak kariernya hadir di era 1980-an di mana ia mampu membawa Argentina merengkuh Piala Dunia 1986 dengan mengalahkan Jerman Barat di final.

Dalam perjalanan menuju final, Maradona menghadirkan dua momen ikonik yang dalam sepakbola. Ketika melawan Inggris di perempat-final, Maradona mencetak dua gol, satu gol kontroverisal memakai tangan dan satu gol lain melalui solo run brilian. Masing-masing gol dijuluki 'Gol Tangan Tuhan' dan 'Gol Abad Ini'. 


Torehan Scudetto bersama Napoli pada 1987 dan 1990 juga menjadi pencapaian lain dari Maradona yang tak kalah ikonik. Namun, kesuksesan bersama La Albiceleste-lah yang membuat namanya terpatri selamanya dalam sejarah sepakbola.***