Kapasitas RS Rujukan Covid-19 di Karawang Penuh, Satgas Sewa Dua Hotel

Kapasitas RS Rujukan Covid-19 di Karawang Penuh, Satgas Sewa Dua Hotel
Lihat Foto
WJtoday, Karawang - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana menyampaikan hingga Kamis (26/11) tercatat masih terjadinya penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19. Penambahan kasus di Karawang hingga hari ini mencetak ada 570 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Fitra mengatakan, jumlah kasus sudah melebihi kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19. Karenanya pemerintah daerah mencari alternatif dengan menyewa hotel untuk menjadi tempat isolasi.

Ia menyampaikan, bahwasannya kasus terkonfirmasi virus corona dalam beberapa waktu terakhir disumbang dari klaster industri. Kapasitas bed di rumah sakit juga penuh, oleh karena itu, Pemkab Karawang menyediakan ruang isolasi tambahan di dua hotel di daerah Telukjambe Timur. 

"Sebelumnya kita siapkan 320 bed. Lalu ada lonjakan, kita tambah ruang tambahan," katanya. 

la mengatakan, ada kriteria khusus bagi pasien yang diisolasi di hotel. Pasien yang diisolasi di hotel adalah yang berusia di bawah 50 tahun, tidak memiliki penyakit penyerta dan hasil CT-nya di atas 30. 

"Karena di hotel kan tidak ada peralatan medis untuk pasien yang punya riwayat penyakit. Jadi yang diisolasi di hotel rata-rata orang tanpa gejala dan usianya di bawah 50 tahun," tuturnya. 

Data Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, total warga Karawang yang terkonfirmasi virus corona berjumlah total 2.601 orang. Total yang sudah sembuh sebanyak 1.932 orang, sementara yang meninggal dunia akibat Covid-19 berjumlah 99 orang.***