Awas Pasangan Anda Selingkuh, Kenali Tanda-tandanya

Awas Pasangan Anda Selingkuh, Kenali Tanda-tandanya
Lihat Foto
WJtoday, Bandung -  Entah kenapa perempuan selalu punya 'feeling' saat pasangannya berselingkuh. Menurut Patti Wood, ahli bahasa tubuh dalam hubungan, mengatakan 'feeling' ini tidak boleh diabaikan.

"Anda mungkin punya atau tidak punya kata-kata untuk menggambarkan apa yang tidak benar, tetapi Anda sebenarnya menangkap ribuan isyarat non-verbal yang bisa sangat menjelaskan suatu situasi. Dan jika otak limbik Anda memberi Anda respons fisiologis terhadap isyarat-isyarat ini, seperti mual, ketegangan, atau stres, maka percayalah," ujar Wood mengutip dari Insider.

Bahasa tubuh bisa mengindikasikan seseorang berselingkuh. Menurut Wood, bahasa tubuh seperti mengkomunikasikan seseorang takut ketahuan selingkuh sekaligus ada rasa bersalah. Berikut 7 ciri pasangan Anda selingkuh.

1. Lebih sensitif
Melansir dari Daily Star, ahli bahasa tubuh Judi James menuturkan Anda tidak bisa mengharapkan sinyal rasa bersalah dari tukang selingkuh. Namun rasa bersalah ini akan berubah jadi rasa ingin menyalahkan dan kemarahan. 

Obrolan biasa bisa berubah jadi adu argumen karena si dia lebih sensitif saat disinggung soal orang ketiga. Tangan disilangkan di dada atau posisi tangan di pinggul bisa menandakan posisi 'menantang' atau membangkang.

2. Selalu memantau ponsel
Selama pandemi, gawai memang lebih sering digunakan. Perhatikan lagi kebiasaannya mengecek ponsel. Ponsel lebih sering mencuri perhatiannya apalagi saat ada notifikasi pesan masuk. Kemudian, tentu dia tidak akan mengizinkan Anda untuk mengetahui apa yang dia lakukan bersama ponselnya.

3. Tersenyum atau tertawa saat obrolan serius
Rasa tidak nyaman biasanya ditunjukkan saat Anda memulai obrolan serius. Dia akan menghindar semisal dengan tertawa atau tersenyum saja. Kalau sekali dua kali, mungkin Anda bisa menganggap dia sedang tidak ingin berdiskusi, tetapi jika terlalu sering, tanda ini tidak boleh diabaikan.

"Jika Anda memberitahu pasangan bahwa Anda merasakan hal tertentu dan mereka tersenyum, itu bukan reaksi normal yang dimiliki pasangan. Kegembiraan para pelaku adalah saat mereka menikmati rasa sakit Anda. Secara intuitif Anda biasanya dapat membedakan antara seseorang yang mencoba menghindari percakapan dan seseorang yang senang melihat Anda kesal. Itu tanda bahaya yang besar," jelas Wood.


4. Perubahan kebiasaan di 'ranjang'
"You're moving different when we making love". Lirik lagu 'Who Do You Love' milik Chainsmoker dan 5 Seconds of Summer ini tidak mengada-ada. Perubahan kebiasaan di ranjang memang jadi tanda pasangan berselingkuh.

Mengutip dari Cosmopolitan, Wood menambahkan untuk memperhatikan apa yang dia lakukan setelah berhubungan seks. Apa dia tetap memeluk Anda atau pergi begitu saja? Jika tidak, ini jadi tanda besar bahwa dia memiliki ikatan emosional lebih pada orang lain.

5. Tepukan di punggung dan ciuman di pipi
Ibarat sudah mengetik teks panjang lebar dan balasan yang Anda dapat cuma 'Y' atau 'K'. Ini mungkin bisa menggambarkan ketika Anda ingin kedekatan dan keintiman layaknya pasangan tapi yang Anda dapat cuma gestur pertemanan atau saudara. Anda patut curiga ada sesuatu yang dia sembunyikan.


6. Dari menghindari tatapan mata sampai menyentuh rambut
Bahasa tubuh akan memberitahu Anda lebih banyak hal daripada kata-kata. Ada beberapa bahasa tubuh yang tampak sepele tetapi ini patut jadi catatan. Coba ajak bicara tentang topik perselingkuhan dan perhatikan apa dia menatap Anda selama mengobrol, 'self grooming' misal menyentuh rambut, menggosok tangan, kemudian menyembunyikan tangan di saku atau bawah meja, juga menutup atau menyentuh mulut saat berdiskusi.

Menurut Traci Brown, ahli bahasa tubuh, orang yang berbicara jujur akan memperlihatkan telapak tangan mereka. Kemudian mata yang tidak fokus ke mata Anda saat berbicara menandakan otak yang terus bekerja untuk menutupi kebohongan.

"Saat orang berbohong, dia mengalami kelebihan kognitif dan mata terus bergerak karena dia sebenarnya melakukan sesuatu yang berbeda di otak dengan memodifikasi jawaban atau menyembunyikan jawaban yang benar," jelas Brown mengutip dari Cosmopolitan.

7. Terlihat lebih stres
"Jika Anda melihat stres yang konstan dan tidak ada stressor berarti, ini bisa jadi indikator," kata Wood mengutip dari Insider.

Anda mengenal pasangan Anda adalah orang yang santai dan mendadak dia jadi banyak diam, menggigiti kuku, minum terlalu banyak atau obsesif pada suatu hal, ada kemungkinan dia menyembunyikan sesuatu termasuk perselingkuhan. Dia stres karena beban rasa bersalah dan menyimpannya rapat-rapat.  ***
(Sumber: CNNIndonesia)