Kini Jadi Incaran, Kostum Maradona Saat Cetak Gol 'Tangan Tuhan' Diperkirakan Berharga Rp28 Miliar

Kini Jadi Incaran, Kostum Maradona Saat Cetak Gol 'Tangan Tuhan' Diperkirakan Berharga Rp28 Miliar
Lihat Foto
Westjavatoday.com - Mantan gelandang tim nasional Inggris Steve Hodge yang memiliki jersey timnas Argentina yang dikenakan mendiang Diego Maradona saat mencetak Gol Tangan Tuhan dalam Piala Dunia 1986 Meksiko mengaku sibuk menolak tawaran yang datang sepekan terakhir. 

Hodge bertukar jersey dengan Maradona setelah Argentina mengalahkan Inggris 2-1 pada babak perempat final Piala Dunia 1986, laga yang menjadi panggung Gol Tangan Tuhan sekaligus gol legendaris lainnya dari pesepak bola yang pekan lalu meninggal dunia itu. 

Kematian Maradona menimbulkan ketertarikan yang luar biasa terhadap jersey milik Hodge yang kini ada di Museum Nasional Sepak Bola Inggris di Manchester. 

Ahli memorabilia olahraga Amerika memperkirakan harga kostum bernomor 10 milik Maradona itu bisa mencapai US$2 juta atau sekira Rp28 miliar. 

"Saya memilikinya untuk 34 tahun terakhir dan tidak sekalipun terbersit keinginan untuk menjualnya. Saya senang memilikinya. Ada nilai sentimental di dalamnya. Begitu banyak orang mengetuk rumah saya dan telepon tak henti-hentinya berdering dari televisi, stasiun radio bahkan dari luar negeri," kata Hodge. 

"Rasanya kurang nyaman dan rikuh. Ada banyak rumor beredar bahwa saya membanderol satu atau dua juta seolah-olah mencari keuntungan dari itu. Saya rasa itu kurang ajar dan sama sekali tidak benar. Jersey itu tidak dijual," ujarnya menambahkan. 

Hodge sendiri ikut berperan dalam proses terjadinya Gol Tangan Tuhan setelah bola sapuan tidak sempurna yang kemudian 'disundul' Maradona dengan tangannya untuk memperdaya kiper Inggris Peter Shilton. 

Hodge juga jadi salah satu korban dari aksi slalom Maradona dari dekat garis tengah lapangan sebelum menusuk ke dalam kotak penalti Inggris dan membawa Argentina unggul 2-0, gol yang belakangan dinobatkan sebagai Gol Abad 20 versi FIFA. ***