Longsor di Talegong Garut, Sejumlah Rumah Tertimbun Tanah

Longsor di Talegong Garut, Sejumlah Rumah Tertimbun Tanah
Lihat Foto
WJtoday, Garut - Hujan deras menybabkan sebanyak tujuh rumah warga di di Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut tertimbun tanah akibat bencana longsor yang terjadi pada Kamis (3/12/2020). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, kejadian tanah longsor dan pergerakan tanah itu diduga diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah tersebut. 

Longsor juga menyebabkan akses jalan provinsi di wilayah itu terganggu, jalan propvinsi Pengalengan-Rancabuaya tertutup longsor.

"Pergerakan tanah terus berjalan dan mengganggu jalan provinsi Pengalengan-Rancabuaya," kata Tubagus, Kamis (3/12/2020).

Menurut dia, saat ini jalan sudah dapat di lewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Namun, pengguna jalan provinsi diimbau berhati-hati karena masih adanya sisa material lumpur di jalan tersebut.

Selain menutup akses jalan, longsor juga mengakibatkan tujuh rumah tertimbun longsoran. Ia menambahkan, pihaknya telah mengevakuasi tujuh kepala keluarga (KK) warga yang terdampak longsor.

Warga yang terdampak, diungsikan sementara ke rumah saudaranya dan gedung SMPN 1 Talegong. Sebab, dikhawatirkan terjadi kejadian tanah longsor yang lebih besar.

Tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia dalam kejadian itu, sedangkan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.  ***