Cucu Nilai Jabar Mampu Jadi Penggerak Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Cucu Nilai Jabar Mampu Jadi Penggerak Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi
Lihat Foto
WestJavaToday, Bandung - Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Cucu Sugyati  menilai Provinsi Jabar mampu menjadi salah satu penggerak pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19 mengingat perputaran ekonomi di Tanah Parahyangan ini sangat besar.

Cucu menyebut Pemprov Jabar mampu merespons dengan cepat kebijakan pemerintah pusat terkait pemulihan ekonomi.

"Dengan membentuk Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Jawa Barat (Satgas PED Jabar), jadi bukti Jabar bergerak cepat merespons arahan pusat terkait pemulihan ekonomi." kata Cucu di Bandung, Sabtu (5/12/2020).

Satgas yang dipimpin Gubernur Jawa Barat dengan Ketua Harian Ipong Witono ini melakukan akselerasi pemulihan ekonomi bersama dinas-dinas terkait dan pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selain itu, Cucu juga menyebut beberapa langkah yang telah diambil di sektor ekonomi yang mampu  menggerakkan aktivitas perekonomian.

"Sebut saja digitalisasi di sektor perekonomian, ini yang penting saat pandemi, semua transaksi ekonomi berbasis digital. Kemudian ada pemberdayaan UMKM, optimaslisasi BUMD milik pemprov, serta yang lainnya.' ungkap legilator dari Partai Golkar ini.

"jika langkah-langkah ini mampu dioptimalkan,  aktivitas perekonomian meningkat, pemulihan perekonomian pun perlahan berjalan." imbuhnya.

Dia menambahkan, selain itu Jabar dapat memacu kebangkitan ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, peternakan dan perikanan, pemulihan UMKM, dan sektor pariwisata.

"Sektor-sektor tersebut juga memiliki dampak ekonomi dan dampak sosial besar, mendongkrak pendapatan dan peningkatan daya beli masyarakat," sebutnya.

Untuk itu pihaknya mendorong agar pemprov secara intens menggali informasi dan memetakan potensi perekonomian daerah yang mampu bersaing di tengah pandemi.  ***