Kenali Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh
Lihat Foto
Westjavatoday.com, - Tahukah Anda bila air  kelapa mempunyai banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh. Mulai dari menyegarkan tubuh di kala haus,  menambah elektrolit tubuh, bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit.

Mengutip dari buku berjudul Keampuhan Air dan Minyak Kelapa Bagi Kesehatan, karya Tiara Putri air kelapa mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen, dan zat besi.

Kandungan mineral tersebut membuat air kelapa banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal.

Sudah bukan rahasia bila air kelapa sering digunakan untuk detoks. Anda perlu tahu, bila air kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat air kelapa yang harus Anda ketahui.

1. Mengontrol tekanan darah

Seperti dilansir dari bodyandsoul, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

 Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Minum air kelapa bisa jadi opsi untuk Anda yang tidak ingin minum obat dari dokter.

2. Memperlambat penuaan

Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika Anda ingin awet muda, minum air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.


3. Mengurangi rasa lapar

Anda sedang diet? Minum air kelapa bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa lapar. Tidak hanya itu, air kelapa juga berperan untuk mengobati diabetes.

Air kelapa meningkatkan penyerapan glukosa oleh aliran darah. Hal ini membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.

4. Menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh

Anda merasa kelelahan setelah berolahraga, minum air kelapa bisa mengembalikan stamina.

Air kelapa mengandung ion-ion alami yang dibutuhkan tubuh. Ion-ion tersebut berperan untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh.

Mengutip dari buku berjudul Terapi Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Lanny Lingga, Ph.D, air kelapa yang diserap oleh sel tubuh menciptakan sensasi segar.

Asal tahu saja, satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kalium yang tersimpan di dalam air kelapa mampu meningkatkan fungsi otak khususnya untuk mengingat dan belajar.

6. Melancarkan pencernaan

Anda sering menderita sembelit? Alih-alih minum pencahar Anda bisa minum air kelapa.

Kalium dalam air kelapa membantu proses metabolisme tubuh. Efeknya, proses pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak.

7. Mencegah gangguan jantung dan ginjal

Air kelapa juga dipercaya mampu meminimalisasi risiko seseorang terkena gangguan jantung dan ginjal. Lagi-lagi, kalium dalam air kelapa yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal.


Itulah beberapa manfaat air kelapa . Tubuh juga akan jauh lebih segar setelah minum air kelapa, bukan? Kandungan elektrolit di dalamnya mampu menggantikan elektrolit yang hilang ketika beraktivitas. Air kelapa dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan minuman lain yang dibuat oleh industri. Air kelapa ini dapat menjadi alternatif minuman yang dapat menyehatkan tubuh.***