bank bjb Serahkan Bantuan Penanggulangan Bencana kepada Pemkab Ciamis

bank bjb Serahkan Bantuan Penanggulangan Bencana kepada Pemkab Ciamis
Lihat Foto
WJtoday, Ciamis - bank bjb menyerahkan bantuan operasional penanggulangan bencana kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis. Bantuan tersebut diserahkan oleh Pemimpin Kantor Wilayah III bank bjb Nunung Suhartini beserta Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Ciamis Moch Indra kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada Senin (28/12/2020).

Penyerahan bantuan berupa mobil taktikal dan perahu karet tersebut turut pula dihadiri oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Ciamis Ika Darmaiswara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis Kurniawan, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan dukungan bantuan operasional penanganan bencana yang diserahkan bank bjb merupakan perwujudan komitmen bank bjb dalam menanggulangi permasalahan sekaligus mitigasi risiko kebencanaan di Tatar Galuh.

"Dukungan yang diberikan bank bjb ini alan melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana kebencanaan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Ciamis sebagai upaya untuk mendorong Ciamis menjadi daerah tangguh bencana. Kami berharap dukungan yang diberikan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ciamis," kata Widi.

Berdasarkan Indeks Area Rawan Bencana Nasional di Indonesia yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Ciamis menempati urutan 16 dari 494 kabupaten rawan bencana di Indonesia serta urutan 5 dari 26 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Data tersebut menunjukkan indeks kerawanan bencana di Ciamis yang termasuk dalam wilayah dengan kerentanan tinggi. Adapun jenis bencana yang kerap terjadi di wilayah Ciamis di antaranya banjir dan banjir bandang, pergerakan tanah, tanah longsor, angin puting beliung.

Dukungan yang diberikan bank bjb merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di mana bank bjb hendak turut serta terlibat dalam penanganan kebencanaan. Dalam praktiknya, penanganan masalah bencana ini dilaksanakan secara lintas sektoral serta melibatkan semua elemen masyarakat termasuk bank bjb.***