Siap-siap! Mulai Januari 2021, Banyak HP Tak Bisa Operasikan WhatsApp

Siap-siap! Mulai Januari 2021, Banyak HP Tak Bisa Operasikan WhatsApp
Lihat Foto

WJtoday, Bandung - Mulai 1 Januari 2021, ada sejumlah handphone tidak bisa lagi mengakses aplikasi WhatsApp. Para pemilik smartphone perlu mengetahui dan memastikan HP Anda aman.

Atas kebijakan WhatsApp ini kemungkinan besar menyebabkan jutaan ponsel di seluruh dunia tidak bisa digunakan. Pasalnya, WhatsApp adalah aplikasi percakapan dan pengiriman pesan paling populer saat ini. Para pengguna telepon pintar baru akan bisa menggunakan aplikasi ini jika memperbarui OS atau membeli ponsel baru.

Melansir Independent, Rabu (30/12/2020), awal 2021 WhatsApp tak bisa beroperasi di smartphone Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) ke bawah seperti Android 3.0 Honeycomb. Pengguna iPhone iOS 9 ke bawah tidak akan bisa lagi menjalankan WhatsApp.

WhatsApp akan menghentikan dukungan dan pembaruan pada OS yang lama, dan hanya mendukung OS yang baru. iPhone 1 sampai iPhone 4 dipastikan tak bisa lagi memakai WhatsApp. Ponsel Android yang akan kehilangan dukungan WhatsApp antara lain Samsung Galaxy S2, HTC Desire, dan LG Optimus Black.

iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S masih dapat memperbarui sistem operasi, jika ingin tetap memakainya. Sedangkan untuk Android yang masih bisa mengupdate OS antara lain Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Note, HTC Sensation dan Thunderbolt dan Sony Xperia Pro.

Jangan bingung dengan situasi ini. Anda bisa mengecek OS dengan memeriksa dari bagian setting. Untuk pengguna iPhone bisa buka Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat lunak. Sementara pengguna Android bisa cek Software Update dan sejenisnya.

WhatsApp juga akan memperbarui Ketentuan Layanan tahun depan, memaksa pengguna untuk menyetujui aturan privasi baru agar tetap bisa menggunakan aplikasi. Jika tidak setuju, pengguna bisa kehilangan akses ke obrolan mereka.

Daftar HP yang kehilangan akses WhatsApp mulai 1 Januari 2021:

1. Apple iPhone 1-4.
2. Samsung Galaxy S2.
3. HTC Desire.
4. LG Optimus Black.
5. Motorola Droid Razr.
6. Semua ponsel Android yang dirilis tahun 2010 ke bawah.

Daftar ponsel yang perlu update OS supaya tetap bisa memakai  WhatsApp:

1. Apple
2. iPhone 4S
3. iPhone 5
4. iPhone 5S
5. iPhone 6
6. iPhone 6S
7. Samsung Galaxy S3 dan yang lebih baru
8. Samsung Galaxy Note
9. HTC Sensation
10. HTC Thunderbolt
11. LG Lucid
12. Motorola Droid 4
13. Sony Xperia Pro dan yang lebih baru

Berikut HP Android keluaran 2010 yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp, dikutip dari PHONEmore:

1.HTC Desire AD.
2.Huawei IDEOS X5.
3.LG Optimus S.
4.LG Optimus One.
5.Samsung Epic 4G.
6.Samsung Google Nexus S.
7. Motorola Droid Pro.
8. HTC Evo 4G.
9. Sony Ericsson Xperia X10a.
10. Sony Ericsson Xperia.
11. Samsung Galaxy 551.
12. Samsung Galaxy S.
13. HTC Google Nexus One.***