Hari Keenam Pasca Longsor Cimanggung, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian 19 Korban

Hari Keenam Pasca Longsor Cimanggung, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian 19 Korban
Lihat Foto
WJtoday, Sumedang - Tim Pencarian dan Penyelamatan (Search and rescue/SAR) Gabungan melanjutkan pencarian terhadap 19 orang yang diduga masih tertimbun longsor di Desa Cihanjuang Kec. Cimanggung Kab. Sumedang. 
Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah, menjelaskan tim SAR Gabungan membagi menjadi 3 sektor dan 2 shift. Lokasi pencarian yakni di SEKTOR 1 Lapangan Voli menggunakan 1 unit Bechoe, SEKTOR 2 Gedung TK membersihkan material utk membuka akses jalan menggunakan 1 unit Beckhoe dan SEKTOR 3 Belakang Masjid An-Nur penyemprotan material longsor menggunakan 7 unit alcon. 
"Jika korban ditemukan akan di evakuasi menggunakan ambulance ke Puskesmas Sawah Dadap untuk proses identifikasi korban oleh tim DVI Polda Jabar," papar Deden, Kamis (14/1).
Deden Ridwansah menyebutkan hingga saat ini Total jumlah korban yang ditemukan  sebanyak 21 orang sehingga korban yang masih dalam pencarian sebanyak 19 orang. 
Adapun alut yang digunakan yaitu  3 Unit Alat berat , 7 Unit Alkon, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal.
"Dengan unsurs yang terlibat sebanyak 668 Personil yang terdiri dari Basarnas Bandung, BPBD Pov Jabar & Sumedang, Tim DVI Polda Jabar, TNI/POLRI,  PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang,  Potensi SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah," jelasnya.
Sebelumnya longsor terjadi di Desa Cihanjuang Kec Cimanggung Kab Sumedang pada Sabtu (09/12) sekitar pukul 16.45 WIB dan longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karna pada saat itu banyak warga dan Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.***