Gempa M 4,7 Mengguncang Pangandaran

Gempa M 4,7 Mengguncang Pangandaran
Lihat Foto
Westjavatoday - Gempa bumi  berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sekitar pukul 21.12 WIB, Jumat(15/1/2021).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempat terletak pada koordinat 8.48 LS dan 108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 Km Tenggara Pangandaran dengan kedalaman 57 Km.

BBMKG lmengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah).

Sementar itu di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda tergantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.***