6 Kota dan Kabupaten di Jabar Berstatus Zona Merah Covid-19

6  Kota dan Kabupaten  di Jabar Berstatus Zona Merah Covid-19
Lihat Foto

Wjtoday, Bandung -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pekan ini enam kota dan kabupaten di Jawa Barat berstatus zona merah atau daerah risiko tinggi penyebaran Covid-19.

 Keenam daerah itu adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Dua di antaranya berstatus zona merah sejak enam pekan lalu yakni    Kabupaten Karawang dan Kota Depok.

"Yang kita masih prihatin adalah Karawang masih zona merah. Jadi, kami akan melakukan kunjungan kerja secapatnya ke sana," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Markas Kodam III Siliwangi, Senin (18/1).

Emil menjelaskan pekan ini menjadi keenam kalinya Kabupaten Karawang berstatus zona merah covid-19. Sementara Pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jabar juga berjalan sesuai harapan.

Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) di Jabar juga mengalami peningkatan selama PPKM, yakni antara 60 sampai 70 persen.

"Dari rata-rata sebelum PPKM, yakni sekitar 50 persen, sekarang naik angka (kedisiplinan) memakaimaskernya menjadi sekitar 70 persen serta menjaga jaraknya di sekitar 60 persen," jelasnya.

Selain itu, kata Emil, tingkat keterisian rumah sakit perawatan pasien Covid-19 di Jabar menurun.
Penurunan ini terjadi berkat hadirnya berbagai penambahan fasilitas ruang isolasi, seperti di Secapa TNI AD, Kota Bogor, dan daerah lainnya.

"Alhamdullillah berkat hadirnya berbagai fasilitas isolasi baik di Secapa TNI AD, Kota Bogor, dan lain-lain, maka tingkat keterisian ruang isolasi kita bisa turun lebih dari 5 persen, yang tadinya 77,8 persen, sekarang 72 persen. Mudah-mudahan seterusnya bisa berkurang," paparnya.

Secapa TNI Angkatan Darat, menurut emil, sudah diisi oleh pasien Covid-19 bergejala ringan. Di antaranya untuk merawat 10 orang pegawai DPRD Jabar beserta keluarganya yang positif Covid-19.

Emil juga ucapkan Terima kasih pada masyarakat Bekasi atas kepatuhannya menjalankan prokes.

"Untuk daerah yang paling patuh masyarakatnya memakai masker adalah Kota Bekasi. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bekasi. Yang paling tidak patuh memakai masker Kabupaten Tasikmalaya,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, warga Kota Bekasi dinilai paling disiplin se-Jawa Barat dalam hal pelaksanaan protokol kesehatan.

”Sedangkan yang paling tidak patuh menjaga jarak adalah masyarakat di Kota Depok. Jadi kepada yang sudah patuh, tolong pertahankan, kepada yang tidak patuh saya titip kepada wali kota dan bupati untuk terus edukasi masyarakat,” ucap Ridwan Kamil.***