Gubernur Jabar Beri Semangat Pasien Covid-19 di RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya

Gubernur Jabar Beri Semangat Pasien Covid-19 di RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya
Lihat Foto
WJtoday, Tasikmalaya - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyemangati pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di RSUD dr. Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021). 

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berkomunikasi melalui pengeras suara dengan pasien Covid-19 dari luar gedung rawat inap. Usai memotivasi, ia melambaikan tangan kepada pasien Covid-19. Mereka pun membalas lambaian tersebut dengan senyuman. 

"Di belakang saya ada pasien-pasien Covid-19. Tadi saya menyapa dan memberi suntikan semangat dan optimisme," ucap Kang Emil. 

Kang Emil mengatakan, rata-rata pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr. Soekardjo sembuh dalam waktu kurang dari 14 hari. Selain masyarakat umum, dokter dan perawat yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan di RSUD dr. Soekardjo. 

"Ada yang baru datang sehari sampai lima hari tapi rata-rata kurang dari 14 hari sudah sembuh. Karena tingkat kesembuhan di Kota Tasikmalaya di atas 80 persen yang mengindikasikan pasien sembuh lebih banyak," tuturnya. 

Menurut Kang Emil, gedung rawat inap Mitra Batik RSUD Dr. Soekardjo yang dibangun dari APBD Jabar belum diresmikan. Kendati begitu, gedung tersebut sudah diizinkan beroperasi karena kondisi darurat. 

"Kebetulan gedung perawatannya bagus sekali ini anggarannya dari Pemda Provinsi Jabar. Belum diresmikan tapi karena darurat kami izinkan untuk dipergunakan jadi ruang isolasi," ucapnya. 

Kang Emil berharap, warga yang terkonfirmasi Covid-19 namun bergejala ringan untuk tidak memaksakan dirawat di rumah sakit, tetapi memanfaatkan fasilitas di puskesmas.

"Manfaatkan juga gedung-gedung seperti asrama dan hotel yang sudah dipersiapkan sehingga keterisian di rumah sakit bisa turun sampai 60 persen," katanya. 

Selain itu, Kang Emil meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya untuk intens meningkatkan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes), terutama memakai masker, dengan cara persuasif. 

"Sesuai arahan Pak Kapolda dan Pak Pangdam agar Satpol PP, TNI, Polri di Kota Tasikmalaya bersemangat meningkatkan penegakan hukum dengan persuasif khas Jabar," ucapnya. 

Dalam kunjungan tersebut, Kang Emil melaporkan bahwa vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya akan dilakukan dalam waktu dekat. Ia berharap vaksinasi di Kota Tasikmalaya berjalan optimal. 

"Ruang isolasi bisa lebih memadai, penegakan kedisiplinan meningkat dan vaksinasi berhasil, itulah harapan kami untuk Kota Tasikmalaya," tuturnya. ***