Penyanyi Lady Gaga, Jennifer Lopez hingga Garth Brooks Tampil dalam Pelantikan Biden-Harris

Penyanyi Lady Gaga, Jennifer Lopez hingga Garth Brooks Tampil dalam Pelantikan Biden-Harris
Lihat Foto
WestJavaToday.com - Upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 digelar Rabu 20 Januari 2021 di Gedung Capitol, AS. Turut hadir artis dan penyanyi internasional Lady Gaga, Jennifer Lopez hingga Garth Brooks. 

Kehadiran mereka turut memeriahkan pelantikan dengan menyanyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat dan lagu-lagu bertemakan persatuan.

Lady Gaga mengawali upacara inagurasi Joe Biden dengan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat "Star Spangled Banner."

Sebelum tampil Gaga sempat mencuit, "Niat saya adalah mengakui masa lalu, menyembuhkan untuk masa depan, dan antusias demi masa depan dimana kita bekerja sama dengan penuh cinta. Saya akan mempersembahkan nyanyian kepada semua orang yang tinggal di tanah ini," katanya lewat Twitter.


Gaga mengenakan atasan berlengan panjang warna biru gelap dan bros burung dara yang sangat besar serta rok megar berwarna merah yang menyapu lantai rancangan Schiaparelli, menurut kantor berita AFP.

Usai pertunjukan Gaga dan pelantikan Kamala Harris sebagai wakil presiden, Jennifer Lopez naik ke panggung menyanyikan lagu klasik yang dipopulerkan Woody Guthrie "This Land Is Your Land."


Penyanyi keturunan Puerto Rico itu kemudian menyanyikan "America The Beautiful." Dia sempat menyebut ikrar dalam bahasa Spanyol yang berarti "Kebebasan dan keadilan bagi semua, selalu!" Dia juga meneriakkan "Let's get loud!" yang juga merupakan salah satu judul lagunya yang populer.

Dalam penampilannya di Gedung Capitol dalam cuaca dingin, JLo mengenakan celana dan mantel panjang berwarna putih dengan kerah ruffle, rancangan Chanel.

Usai penampilan JLo itu, Joe Biden diambil sumpahnya sebagai Presiden AS ke-46.

Penyanyi country Garth Brooks, seorang pendukung Partai Republik, melepas topi koboinya untuk menyanyikan lagu "Amazing Grace" versi a cappela, dan meminta seluruh warga AS yang menyaksikan upacara, termasuk yang menonton dari rumah, untuk bernyanyi bersamanya.

"Saya sudah lelah melihat bangsa terpecah belah," kata Brooks kepada wartawan sebelum upacara pelantikan, seperti dilaporkan Reuters.


“Ini merupakan sebuah kehormatan. Saya sangat gembira. Dan menurut saya apa yang dikatakan Biden tepat bahwa kita perlu persatuan dan mencintai satu sama lain. Itulah yang harus kita lakukan, dan sebagai penyanyi, itulah yang akan saya lantunkan. Jadi, ini merupakan hari penting bagi kita semua. Ini bukan pernyataan politik, melainkan seruan bagi persatuan,” ujarnya pada Senin (18/1), seperti dilaporkan AP.

Brooks juga pernah tampil pada pelantikan Barack Obama pada 2009.

Pada Rabu malam (20/1), aktor film Tom Hanks akan menjadi pembawa acara TV spesial berdurasi 90 menit untuk merayakan pelantikan Biden dan Harris. Artis lainnya yang tampil termasuk Bruce Springsteen, Katy Perry, Tim McGraw, Lin-Manuel Miranda, Justin Timberlake, Demi Lovato, dan John Legend.

Acara itu akan menghadirkan sejumlah selebriti top berkulit putih, berkulit hitam maupun Hispanik. Keragaman ini sangat kontras dengan inagurasi Donald Trump pada 2017, yang minim selebritis top dan banyak musisi menolak undangan untuk tampil dalam pelantikan.***