Komnas HAM Jawab Kritik TP3 soal Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI

Komnas HAM Jawab Kritik TP3 soal Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI
Lihat Foto
WJtoday, Jakarta - Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) insiden penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) yang terdiri dari Amien Rais dkk mengkritik hasil investigasi Komnas HAM. Komnas HAM menegaskan pihaknya bekerja sesuai fakta yang ditemukan saat penyelidikan.

"Komnas sudah bekerja sesuai kewenangan yang ada. Telah bekerja dengan transparan berdasarkan fakta-fakta yang berhasil ditemukan Komnas. Hasilnya telah disampaikan," kata Wakil Komnas HAM Amiruddin Al Rahab kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Komnas HAM mengatakan adalah kewajaran jika Amien Rais dkk tidak puas dengan temuan mereka. Dia menyebut Komnas HAM terbuka dengan kritik.

"Jika ada yang tidak puas, itu wajar saja dalam era keterbukaan ini. Di era keterbukaan ini kritik kan boleh saja," kata Amir.

Untuk diketahui, TP3 mengaku tidak puas atas hasil penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM. TP3 menilai tewasnya laskar FPI sebagai pelanggaran HAM berat, bukan pelanggaran HAM biasa sehingga dinilai negara tidak memiliki kemauan untuk mengungkap kasus tersebut.

"Mengapa kami tidak puas dengan Komnas HAM, apa yang dilakukan Komnas HAM nah ini justru menurut pendapat tim ini adalah bahwa ini justru menunjukkan bahwa pemerintah itu adalah unwilling dan unable untuk melakukan penuntutan HAM berat, dan kami berpendapat yang berbeda, HAM berat, bukan HAM saja yang sebagaimana disampaikan Komnas HAM," ujar anggota TP3 Edi Mulyadi, kepada wartawan dalam jumpa pers, Kamis (21/1).***