backgroud
logo

Buletin

 

Istana Kecam Pernyataan Relawan Jokowi: Pelaku Rasisme Harus Ditindak Tegas

Istana Kecam Pernyataan Relawan Jokowi: Pelaku Rasisme Harus Ditindak Tegas

 
Istana Kecam Pernyataan Relawan Jokowi: Pelaku Rasisme Harus Ditindak Tegas
Deputi V Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani . (KSP)
WJtoday
Senin, 25 Januari 2021 | 17:05 WIB
Wjtoday, Jakarta - Deputi V Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyatakan  segala bentuk diskriminasi, baik yang bersifat ujaran dan tindakan, tidak akan mendapatkan tempat di Indonesia.

Dalam siaran persnya, Senin 25 Januari 2021, ia menyebutkan, setiap perbedaan pandangan atas suatu masalah tidak dibenarkan menggunakan respon yang diskriminatif.

"Itu bertentangan dengan aturan yang ada khususnya UU No. 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis," ujarnya.

Disebutkan, pernyataan Ambroncius dalam akun media sosial tidak mencerminkan prinsip kebhinekaan Indonesia yang menghargai perbedaan berdasarkan ras, suku, etnis, agama, gender dan disabilitas serta pluralitas dan multi-kultural sebagai jati diri bangsa.

Ia menyatakan, konstitusi Indonesia menjamin kebhinekaan tersebut dan diturunkan dalam berbagai instrumen hukum, seperti UU No. 39/ 1999 tentang HAM.

"Polri sebagai aparat penegak hukum jangan ragu untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus ini secara cepat dan tegas," ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan aturan yang ada, kebencian atau rasa benci kepada orang karena perbedaan ras dan etnis, dengan membuat tulisan atau gambar untuk ditempatkan, ditempelkan, atau disebarluaskan di tempat umum atau tempat lainnya yang dapat dilihat atau dibaca oleh orang lain termasuk juga tindakan diskriminasi.

"Ini adalah peringatan keras bagi perseorangan ataupun kelompok untuk tidak bermain api dengan SARA, karena pemerintah tanpa ragu akan menindak keras dan tegas segala bentuk tindakan yang dapat mengancam persatuan negara dan bangsa," tandasnya.

Sebelumnya Akun facebook diduga milik Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin), Ambroncius Nababan cuitannya dinilai Rasis terhadap Tokoh Papua  Natalius Pigai.

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar, Ambroncius Nababan memasang foto Natalius berdampingan dengan seekor Gorilla. Dia memposting foto itu, guna merespon pernyataan Natalius Pigai soal vaksin Covid-19. Ambroncius Nababan  menghina fisik Pigai dan menyamakan dia dengan Gorilla.

“Mohon maaf yg sebesar-besarnya. Vaksin sinovac itu dibuat utk MANUSIA bukan utk GORILLA apalagi KADAL GURUN. Karena menurut UU Gorilla dan kadal gurun tidak perlu di Vaksin. Faham?”, demikian bunyi cuitannya.

Diketahui Ambroncius saat ini merupakan kader Partai Hanura. Ia pun aktif sebagai Ketua Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin).

WJT / son

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya