backgroud
logo

Hukum dan Kriminal

 

Bareskrim Tetapkan Ambroncius Nababan Jadi Tersangka

Bareskrim Tetapkan Ambroncius Nababan Jadi Tersangka

 
Bareskrim Tetapkan Ambroncius Nababan Jadi Tersangka
Tersangka Ujaran Rasis Ketua Umum Pro Jokowi-Maruf Amin Ambroncius Nababan. (youtube)
WJtoday
Selasa, 26 Januari 2021 | 19:10 WIB
Wjtoday, Jakarta - Ketua Umum Pro Jokowi-Maruf Amin ( Projamin)  Ambroncius Nababan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Bareskrim Polri atas kasus dugaan penghinaan berbau rasialisme terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

"Benar. Terlapor AN kami naikkan statusnya menjadi tersangka," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Selasa (26/1/2021).

Ambroncius Nababan telah diperiksa Bareskrim pada Senin, 25 Januari, malam. Dia dicecar penyidik Siber Bareskrim dengan 25 pertanyaan. Setelah penetapan tersangka ini, penyidik akan menetapkan langkah lanjutan terhadap Ambroncius.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut Bareskrim langsung melakukan patroli siber pada Minggu (24/1) setelah unggahan Ambroncius viral di media sosial.

"Hasilnya didapati bahwa akun rasisme itu ada di media sosial, yaitu Facebook atas namanya AN (Ambroncius Nababan, red) yang diduga mengunggah foto yang tidak pantas," kata Argo kepada wartawan di Jakarta, Senin (25/1).

Argo menegaskan, penyidik akan menjalankan tugas secara profesional. Sebab itu, masyarakat diharapkan dapat tenang dalam menyikapi kasus tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, terutama yang ada di Papua, warga Papua. Bahwa serahkan saja proses hukum kepada kepolisian, terutama ke Bareskrim Polri yang akan menangani. Jadi salurkan saja aspirasinya kepada kepolisian setempat maupun pimpinan yang ada di wilayah," jelas Argo.

Sementara itu setelah cuitannya banyak menuai kecaman dari berbagai pihak, Ketua Umum DPP Projamin (Pro Jokowi-Maruf Amin), Ambroncius Nababan meminta maaf atas tindakan rasial kepada eks komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Permintaan maaf Ambroncius itu diunggah  lewat video klarifikasi di kanal YouTube milik Widjaja Tjahjadi.

"Dalam hal ini sebelumnya saya memohon maaf kepada saudara Natalius Pigai dan masyarakat Papua. Mungkin ada yang tersinggung dan menganggap saya menghina masyarakat luas apalagi melakukan rasis," kata Ambroncius, Senin (25/1/2021).

Ambroncius Nababan dilaporkan ke polisi gara-gara unggahan di Facebook. Akun Facebook bernama Ambroncius Nababan mengunggah foto Natalius yang disandingkan dengan foto gorila.***

WJT / son

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya