backgroud
logo

Gaya Hidup

 

Yuk, Intip Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Yuk, Intip Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

 
Yuk, Intip Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
Bawang Merah banyak mengandung Vitamin dan Mineral. (istock)
WJtoday
Selasa, 9 Februari 2021 | 05:10 WIB

Wjtoday, Bandung - Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur selain bawang putih yang jika ditambahkan ke dalam masakan akan menambah aroma dan cita rasa. Selain itu Warna yang ungu kemerahan juga membuat setiap hidangan yang ditaburi bawang merah terlihat lebih menarik

Manfaat bawang merah bagi kesehatan mungkin belum diketahui oleh banyak orang, karena umumnya bawang putih dan jahe yang selalu menjadi pusat perhatian sebagai bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan.

Ada banyak manfaat bawang merah yang bisa Anda dapatkan karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Tak hanya menyembuhkan sakit kepala dan sakit jantung, berikut manfaat bawang merah yang bisa Anda dapat jika rutin mengonsumsinya:

• Menjaga kesehatan jantung

Melansir dari Sehatq, Bawang merah memiliki berbagai senyawa yang dapat melawan infeksi serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal inilah yang membentuk manfaat bawang merah dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan quercetin dalam bawang merah mampu membantu mengurangi kemungkinan penggumpalan darah serta berbagai faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi, dan sebagainya.

• Memiliki kandungan antibakteri

Manfaat bawang merah adalah karena mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri  seperti Bacillus cereus,  Pseudomonas aeruginosa,  E.coli, dan S.aureus, serta menghambat pertumbuhan  bakteri Vibrio cholerae.Senyawa antibakteri yang berperan dalam manfaat bawang merah untuk melawan infeksi adalah senyawa quercetin yang dapat merusak membran sel dari bakteri E.coli dan S.aureus.

• Kaya akan antioksidan

Antioksidan sangat berperan penting untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang dapat menjurus ke berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.Bawang merah ditemukan memiliki sebanyak 26 jenis antioksidan yang berperan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah senyawa antosianin yang memberikan warna merah pada bawang merah.

• Mengontrol gula darah

Apabila Anda mengidap diabetes atau pradiabetes, Anda dapat mempertimbangkan konsumsi bawang merah untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Manfaat bawang merah dalam mengontrol gula darah berasal dari senyawa sulfur dan quercetin yang memiliki efek antidiabetes.Studi menunjukkan bahwa konsumsi 100 gram bawang merah segar dapat mengurangi kadar gula darah sebanyak 40 mg/dl setelah empat jam pada 42 orang

• Mengandung senyawa antikanker

Bawang merah memang terlihat kecil, tetapi manfaat bawang merah tidak boleh diremehkan karena salah satu manfaat bawang merah adalah dalam mengurangi risiko terkena kanker, khususnya kanker perut, usus besar, prostat, dan kerongkongan.Senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid dalam bawang merah diyakini mampu menghambat dan mencegah  pertumbuhan tumor yang bisa bersifat kanker.

• Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat bawang merah dalam menjaga kesehatan pencernaan dikarenakan kandungan  prebiotik dan serat di dalamnya. Bakteri baik dalam usus akan menjadikan prebiotik sebagai makanan untuk pertumbuhannya.

Saat bakteri baik di pencernaan mengonsumsi prebiotik, bakteri akan memproduksi asam lemak yang dapat mengurangi peradangan, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan pencernaan, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

• Menambah kepadatan tulang

Tidak hanya dari produk susu, Anda juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengonsumsi bawang merah. Konsumsi bawang merah ditemukan dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20 persen pada wanita berusia lanjut.

Riset menunjukkan bahwa konsumsi 100 mililiter jus bawang merah tiap harinya selama delapan minggu dapat meningkatkan kepadatan mineral pada 24 wanita yang berusia paruh baya dan mengalami post-menopause.

• Memperbaiki pola tidur dan suasana hati

Kandungan folat dalam bawang merah meningkatkan suasana hati dan nafsu makan, mengurangi  depresi, serta membantu pola tidur Anda. Hal ini karena folat mencegah penumpukan homosistein yang dapat mengganggu produksi dopamin, serotonin, dan norepinephrine.

• Bagus untuk rambut dan kulit

Bawang merah tinggi akan vitamin C yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan  kolagen yang dibutuhkan oleh kulit dan rambut.

• Mencegah obesitas

Kandungan ekstrak etil asetat di dalam bawang merah dipercaya dapat menghambat akumulasi lemak di dalam tubuh. Hal ini dipercaya dapat mencegah obesitas atau berat badan berlebih.Selain itu, kandungan antioksidan bawang merah juga dinilai ampuh meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat bawang merah dapat dinikmati dengan memilih bawang merah yang tepat. Pilihlah bawang merah yang kering dengan aroma yang samar atau tidak memiliki bau sama sekali ketika dikupas.

Anda dapat menambahkan bawang merah ke dalam hidangan sebagai cara untuk menambah cita rasa tanpa perlu menambah lemak, garam, ataupun tambahan lainnya.

Selalu masukkan potongan bawang merah yang tidak terpakai ke dalam kulkas untuk menghindari terkontaminasi bakteri salmonella dan E.coli.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar bawang merah bisa dikonsumsi secara rutin. Mulai dari memakan bawang merah mentah secara langsung, mencampurnya dengan telur, daging, dan ikan, atau mengkombinasikannya dengan salad.***

WJT / mom

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya