Abu Janda-Pigai Damai, KNPI: Proses Hukum Lanjut Kita Wakili Masyarakat Papua

Abu Janda-Pigai Damai, KNPI: Proses Hukum Lanjut Kita Wakili Masyarakat Papua
Lihat Foto

Wjtoday, Jakarta - Abu Janda diketahui dilaporkan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terkait dugaan rasisme  terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pun telah melakukan pemeriksaan terhadap Permadi Arya atau Abu Janda pada Kamis, 4 Februari 2021 lalu.

Di tengah kasus dugaan rasis yang menjeratnya, Permadi Arya alias Abu Janda bertemu dengan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Adalah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang mempertemukan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dengan Permadi Arya alias Abu Janda  di sebuah hotel di Jakarta, Senin 8 Februari 2021.

Usai melakukan pertemuan, Natalius Pigai menyatakan perbuatan yang dilakukan Abu Janda tersebut tidak mungkin ada delik hukum.

"Dalam hukum pidana, obyeknya harus jelas. Abu Janda bertanya evolusi selesai belum? Memang isinya rasis tapi (konteknya, red) bertanya, itu tidak mungkin ada delik hukum," ujar Pigai dalam cuitannya di twitter @NataliusPigai2

Selain itu dalam cuitannya Pigai juga memasang foto pertemuannya dengan Abu Janda.


Ketua Umum KNPI Haris Pertama merasa aneh dengan foto pertemuan antara Natalius Pigai dan Abu Janda.

Haris seolah tak habis pikir. Keributan yang sempat terjadi di media sosial, menurutnya, seolah-olah hanya dagelan semata.

Hal ini diungkap Haris melalui akun Twitter @knpiharis, Senin (8/2/2021).

"Aneh sekali saya lihat foto ini. Seakan2 keributan yang mereka buat di media sosial menjadi bahan dagelan. Sekarang ???" cuit Haris sembari mengunggah foto pertemuan Abu Janda dan Pigai.

Haris mengatakan bahwa KNPI tetap melanjutkan proses hukum terhadap Abu Janda meski yang bersangkutan telah bertemu dengan Pigai.

Sebab, laporan KNPI bukan mewakili Pigai. Namun untuk mewakili kegelisahan masyarakat Papua yang mengecam rasisme.***