Presiden Joe Biden Peringatkan China Soal Pelanggaran HAM Terhadap Muslim Uighur

Presiden Joe Biden Peringatkan China Soal Pelanggaran HAM Terhadap Muslim Uighur
Lihat Foto
WestJavaToday.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan China akan membayar mahal atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap muslim Uighur di Xinjiang.

Dalam wawancara dengan CNN, Selasa (16/2/2021), Biden mengatakan Presiden Xi Jinping tahu betul konsekuensi yang akan dihadapi soal penindasan terhadap minoritas di Xinjiang.

"Ya, akan ada dampak bagi China dan dia tahu itu," kata Biden, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (17/2/2021).

Amerika Serikat, lanjut Biden, akan menegaskan kembali peran globalnya dalam menegakkan HAM. Biden akan bekerja sama dengan komunitas internasional untuk mendesak China melindungi muslim Uighur.

"China berusaha sangat keras untuk menjadi pemimpin dunia dan untuk mendapatkan julukan itu dan mewujudkannya, mereka harus mendapat kepercayaan dari negara lain. Selama mereka terlibat dalam aktivitas yang bertentangan dengan HAM, akan sulit bagi mereka untuk melakukan itu," kata Biden.

Pernyataan ini disampaikan sepekan setelah dia berhubungan lewat telepon dengan Xi. Dalam percakapan itu, Biden menegaskan prioritas AS yakni menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, di mana kedua negara menjadi menjadi pemain utama.

Dia juga menyampaikan keprihatinan soal praktik dagang serta masalah HAM yang memaksakan dan tidak adil, termasuk tindakan keras di Hong Kong dan tekanan terhadap Taiwan.***