Terendam Banjir, Sejumlah KA Jarak Jauh Dibatalkan

Terendam Banjir, Sejumlah KA Jarak Jauh Dibatalkan
Lihat Foto
Wjtoday, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Jumat (19/2) malam dan Sabtu (20/2) membuat banjir di sejumlah wilayah. Hal itu pun berdampak pada perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan dampak cuaca ekstrim di area Daop 1 Jakarta membuat perjalanan KA Jarak Jauh terhambat. Sebab, sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55 +100 sampai KM 54+500 masih terendam banjir.

“Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai Cibeet dan Citarum,” ungkapnya Minggu (21/2).

Berikut Informasi perjalanan KA Jarak Jauh pada Minggu 21 Feb 2021 untuk waktu keberangkatan s.d Pukul 12.00 WIB:

1. Stasiun Pasar Senen

Seluruh KA di Batalkan

2. Stasiun Gambir

Keberangkatan di alihkan dari Stasiun Cikampek

– KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi
– Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan

Dibatalkan

– KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung

Adapun kedua KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya. Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan bis menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA.

“Untuk keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala,” tutur dia.

Pihaknya pun mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api yang mengalami kendala dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasioal KA.

“PT KAI Daop 1 memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA,” pungkasnya.

Untuk informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.