Kawasan Industri Milik SSIA Sedot Animo Investor

Kawasan Industri Milik SSIA Sedot Animo Investor
Lihat Foto
WJtoday, Subang - Emiten pengembang lahan industri PT Surya Semesta Internusa Tbk. mengungkapkan inquiries untuk lahan milik perseroan di Subang sudah masuk sekitar 200 hektare. Kawasan ini sudah memulai groundbreaking dan dijagokan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu destinasi investasi.

VP Investor Relations and Corporate Communications Surya Semesta Internusa Erlin Budiman mengatakan sejauh ini minat dari calon pembeli yang bertanya (inquiries) untuk lahan Subang Smartpolitan.

“Inquiries 200 hektare, cukup baik sejauh ini,” kata Erlin kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Inquiries tersebut jauh di atas target marketing sales lahan Subang Smarpolitan yang ditargetkan perseroan untuk tahun ini seluas 40 hektare.

Pada akhir tahun 2020, emiten dengan kode saham SSIA ini menjelaskan fokus utama perseroan tahun ini adalah pengembangan proyek Subang Smartpolitan. 

Hingga akhir tahun lalu, SSIA telah  menggelontorkan dana hingga Rp1,5 triliun untuk akuisisi lahan mencapai lebih dari 1.200 hektare di sana.

Untuk tahun ini, SSIA menganggarkan belanja modal atau capital expenditure senilai Rp700 miliar lagi untuk Subang Smartpolitan. Dalam pembangunan tahap pertama setelah groundbreaking pada November 2020, SSIA akan menggarap lahan seluas 400 hektare yang terletak di sebelah selatan tol Cipali.

Adapun, dari lahan Subang Smartpolitan seluas total 2.700 hektare akan didesain untuk kawasan industri dengan porsi 54 persen, fasilitas umum 30 persen, dan sisanya 16 persen untuk area residensial.

Untuk diketahui, Subang Smartpolitan merupakan 1 dari 7 wilayah pengembangan baru di Kawasan Rebana. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Rebana membutuhkan penanda akan kehadiran kota-kota baru di 7 kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah metropolitan tersebut. 

Dia menegaskan Subang Smartpolitan menjadi bukti nyata rencana pembangunan ini. 

“Hari ini peristiwa bersejarah bahwa masa depan sedang kita siapkan, hadirnya sebuah kota baru Subang Smartpolitan menjadi benchmark,” katanya dalam acara groundbreaking Subang Smartpolitan yang digelar secara hybrid, Rabu (18/11/2020).***