Kolam Ikan di Stadion GBLA, Pemkot Bandung Sebut Kelalaian Dispora

Kolam Ikan di Stadion GBLA, Pemkot Bandung Sebut Kelalaian Dispora
Lihat Foto
WJtoday, Bandung - Beredar sebuah unggahan yang memperlihatkan sejumlah ikan berenang di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berlokasi di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengaku hingga kini tidak mendapatkan laporan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung terkait viralnya salah satu tribun di Stadion GBLA menjadi kolam ikan.

Menurut Yana, hal itu seharusnya tidak terjadi jika Dispora Kota Bandung rutin melakukan perawatan dan pengawasan di salah satu stadion termegah di Indonesia tersebut.

"Lebih pasnya ditanya ke pengguna barang, ke Dispora, saya tidak bisa detail teknis. Kenapa dan apanya, saya juga enggak dapat laporan," ujar Yana, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis, 25 Februari 2021.

Yana mengatakan, setiap dinas atau instansi di Kota Bandung seharusnya menjaga aset yang dititipkan oleh Pemkot Bandung, salah satunya Stadion GBLA. Terlebih stadion berkapasitas 35 ribu tempat duduk itu menjadi kebanggaan Jawa Barat terutama saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2016.

"Dari awal kita semua sebenarnya mengingatkan kepada pengguna barang untuk memelihara aset-aset pemerintah kota yang dititipkan ke dinas dan instansi dengan baik," ungkapnya.

Yana pun menilai Dispora Kota Bandung lalai dalam menjaga Stadion GBLA yang merupakan aset unggulan Pemkot Bandung. Dispora Kota Bandung akan dilakukan evaluasi terkait pengelolaan Stadion GBLA agar tidak kembali terjadi hal serupa.

"Apakah itu karena liar tiba-tiba ada? Saya juga enggak tahu. Nanti saya tanya ke Dispora," tegas Yana.

Sebelumnya, kolam ikan hias di sekat Tribun Timur Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) viral di media sosial. Kejadian itu pun menjadi sorotan terutama pecinta sepakbola di Bandung. Pasalnya GBLA merupakan stadion yang kerap digunakan Persib Bandung untuk menjamu lawan-lawannya.***