Dinkes Kota Bandung Catat 245 Orang Mengalami KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

Dinkes Kota Bandung Catat 245 Orang Mengalami KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19
Lihat Foto
WJtoday, Bandung - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Rosye Arosdiani mengatakan sebanyak 245 warga Bandung mangalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Kendati begitu, mayoritas KIPI ringan tanpa efek samping kronis. 

"Kita sudah menemukan 245 dengan KIPI tapi semuanya alhamdulillah KIPI ringan. Contoh ada gatal, bengkak, pusing. Tapi alhamdulillah semuanya ringan tertangani dengan beristirahat," terang dr. Rosye Arosdiani, Selasa (2/3/2021).

Dia memastikan, sampai saat ini tidak ada warga yang telah divaksin mengalami efek kronis. Dinkes Bandung, kata dia, terus memantau kondisi warga yang divaksin. 

Diketahui, Kota Bandung telah menggelar program vaksinasi Covid-19 sejak Januari 2021 lalu. Sebanyak 28.117 orang Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) pun telah menerima suntikan tahap pertama vaksin Covid-19.

Sedangkan pada tahap dua vaksinasi Covid-19, Rosye, mencatat baru sebanyak 1.318 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Mereka terdiri dari pejabat pelayanan publik, pedagang pasar, tokoh agama, akademisi, dan lansia. ***