BMKG: Sejumlah Wilayah Diprakirakan Akan Diguyur Hujan Lebat

BMKG: Sejumlah Wilayah Diprakirakan Akan Diguyur Hujan Lebat

WJtoday, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah provinsi di Indonesia pada Sabtu.

Menurut prakiraan BMKG, hujan lebat berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Bagian wilayah Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat.

Selain itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam diprakirakan meliputi bagian wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Maluku Utara, dan Kalimantan Utara.

BMKG juga menyampaikan peringatan mengenai potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di sejumlah provinsi.

Hujan yang dapat disertai petir berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulasan Bangka Belitung.

Bagian wilayah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Maluku juga diprakirakan mengalami kondisi serupa.

Menurut BMKG, hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dapat menyebabkan bencana alam di wilayah Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua.***