Buntut Insiden 'Pelampiasan Kekesalan' di FP3 F1 GP Spanyol, Empat Pembalap Diinvestigasi

WJtoday, Jakarta - Lewis Hamilton, Lance Stroll, Charles Leclerc dan Lando Norris sedang diselidiki oleh petugas Grand Prix Spanyol Formula 1 setelah dua tabrakan terpisah yang aneh di latihan terakhir.

Bagaimana pun FP3 sangat penting bagi para pembalap untuk memantapkan set-up dan persiapan ban mereka menjelang perebutan posisi grid, para pembalap sangat ingin mendapatkan hasil bagus.

Namun ada dua insiden terpisah ketika para pembalap terlihat melampiaskan kekesalan mereka setelah melihat lap yang bagus menjadi rusak.

Pada insiden pertama, yang terjadi sekitar 20 menit sesi berlangsung, Hamilton yang melaju dengan lambat secara tidak sengaja menghalangi Stroll yang sedang mengebut di Tikungan 5.

Juara dunia tujuh kali segera meminta maaf melalui radio dan mencoba untuk keluar dari jalur pembalap Aston Martin tersebut saat melewati tikungan, namun pembalap asal Kanada tersebut bergerak ke arahnya dan keduanya melakukan kontak ringan saat keluar dari tikungan.

Stroll dan Hamilton kemudian dipanggil untuk menjalani investigasi atas tindakan mengemudi yang berpotensi membahayakan.

Pasal 33.4 dari Peraturan Olahraga F1 menyatakan, "Mobil tidak boleh dikemudikan dengan lambat, tidak menentu, atau dengan cara yang berpotensi membahayakan pembalap lain atau orang lain."

Insiden kedua terjadi pada putaran terakhir ketika Leclerc jelas merasa bahwa ia telah dihalangi oleh Norris di Tikungan 5.

Saat keduanya berakselerasi keluar dari tikungan, dengan putaran Leclerc yang rusak, ia terlihat berbelok ke kiri ke arah pembalap McLaren itu saat mencoba untuk menyingkir.

Gerakan agresif Leclerc cukup baginya untuk menyenggol sayap depan Norris dan keduanya secara resmi dipanggil untuk menghadap steward.

Berbicara melalui radio tim, Norris mengatakan, "Dia baru saja menabrak saya. Saya rasa saya mengalami cedera."

Leclerc yang terlihat gelisah berkomentar, "Sialan. Saya tidak mengerti mengapa mereka melakukan itu."

Ferrari merespons dengan mengatakan kepada Leclerc bahwa sepertinya Norris juga menghalangi Verstappen.

Dalam insiden terpisah lainnya yang terjadi di Tikungan 7 beberapa saat kemudian, Verstappen terpaksa melebar untuk menghindari kontak dengan Norris yang melaju pelan, yang dicatat oleh para petugas.

Namun, setelah ditinjau ulang, dirasa tidak perlu dilakukan investigasi lebih lanjut.***