Buntut Tunggakan Pembayaran Kredit Mobil Leasing Berujung Bentrokan Ormas di Bekasi, Satu Tewas dan 39 Orang Diamankan Polisi

Buntut Tunggakan Pembayaran Kredit Mobil Leasing Berujung Bentrokan Ormas di Bekasi, Satu Tewas dan 39 Orang Diamankan Polisi
Lihat Foto

WJtoday, Bekasi - Bentrokan organisasi masyarakat (ormas) terjadi di Jalan Raya Setu Bantargebang, Rabu (20/9/2023) kemarin. Di mana satu orang tewas dan 39 orang diamankan kepolisian.

Menurut Kapolres Metro Bekasi, Kombes Twedi Aditya Bennyahdi menjelaskan bahwa dalam bentrokan kedua ormas tersebut melibatkan puluhan orang.

Kombes Twedi menjelaskan bahwa bentrokan antara dua ormas tersbut berawal dari penagihan mobil leasing karena adanya tunggakan pembayaran kredit yang berada di wilayah Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

“Pihak leasing melakukan penagihan pada Rabu 20 September sore, namun terjadi kesalah pahaman,” terang Kombes Twedi.

Akibat terjadinya kesalah pahaman ini, pemegang mobil tersebut kemudian memanggil mass dari salah satu ormas.

Melihat hal tersebut, pihak leasing juga melakukan hal yang sama dengan memanggil ormas lainnya.

“Kemudian pemegang unit kendaraan memanggil dari ormas GMBI dan PP, kemudian ternyata satu dari pihak leasing ini merupakan teman atau anggota temannya salah satu dari Gibas,” jelasnya.

Pada awalnya bentrokan antara ormas terjadi di wilayah Setu, Kabupaten Bekasi dan peristiwa tersebut mampu dilerai Polres Metro Bekasi.

Pihak kepolisian menjelaskan bahwa bentrokan terjadi pada pukul 17.30 WIB sampai 18.00 WIB dan tidak adanya korban.

Tak lama kemudian bentrokan antara ormas kembali pecah di wilayah Bantar Gebang, Kota Bekasi tepatnya dekat perumahan Perumahan Bekasi Timur Regency (BTR).

Dalam bentrokan yang terjadi di Bantargebang di kabarkan terdapat korban jiwa dari salah satu ormas yang bertikai.

Pihak kepolisian dalam megamankan bentrokan antara dua ormas ini berhasil mengamankan 39 orang beserta beberapa senjata yang digunakan seperti sabuk, kayu dan senjata tajam.

Kombes Dani Hamdani selaku Kapolres Metro Bekasi Kota menjelaskan bahwa 39 orang tersebut tengah langsung menjalai pemeriksaan oleh pihaknya.

Selain itu Kombes Dani juga menyampaikan bahwa terdapat satu korban jiwa yang berinisial A.

"Satu orang meninggal dunia dan dilakukan otopsi oleh pihak RSUD Kota Bekasi," jelas Kombes Dani.

Dalam video yang tersebar di media sosial terlihat salah seorang ormas yang ingin membawa mobil yang diduga telat melakukan pembayaran.

“Bawa, bawa,” terang salah satu orang sambil membuka pintu mobil namun dicegah oleh pihak lainnya.

“Jangan bawa-bawaa ormas lu,” katanya kemudian.

Demi memberikan keamanan pada masyarakat, personil Polsek Setu dengan tim gabungan Polres Metro Bekasi melaksanakan patroli sekala besar untuk antisipasi terjadinya bentrok susulan antar ormas di wilayah Kec Setu.


Polsek Setu Bekasi Didatangi Rombongan Ormas

Pasca ormas bentrok bekasi, Polsek Setu Bekasi didatangi rombongan ormas pada Kamis 21 September 2023.

Video ketangan ormas tersebut diposting dalam akun X@never_alonely yang memperlihatkan pihak kepolisian dan ormas tersbeut tengah melakukan perbincangan.

Adapun ormas yang mendatangi Polsek Setu Bekasi disebutkan ormas Gibas.

“Seluruh anggota Gibas telah berkumpul di depan Polsek Setu, sepertinya sudah tidak tertahan ingin menyerang,” sebut narasi dalam video tersebut.

“Tolong dikondisikan agar maasing-masing ketuanya di kontek, dikomunikasikan,” tambahnya.

Dalam video tersebut juga terlihat pihak kepolisan tengah berusahan seperti memberikan penjelasan pada salah beberapa anggota ormas yang berkumpul tersebut.

“Siang ini Kamis 21 September 2023 para anggota ormas Gibas berkumpul lagi di depan Polsek Setu Bekasi setelah kemaren Rabu sempat bentrok dengan ormas GMBI,” tulis akun tersebut.***