Cek Fakta: Info Adanya Pancaran Cahaya Cosmic Malam Ini, Matikan HP dari Pukul 00:30 Hingga 03.30, Benarkah?

Cek Fakta: Info Adanya Pancaran Cahaya Cosmic Malam Ini, Matikan HP dari Pukul 00:30 Hingga 03.30, Benarkah?
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Heboh kabar berantai di WA group soal adanya pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dengan bumi malam ini. Dalam pesan tersebut dikatakan jika diminta matikan HP dari Pukul 00:30 Hingga 03.30 karena ada radiasi paling tinggi. 

Berikut narasinya: 

Malam ini antara jam 00:30pagi hingga 3.30pagi pastikan off hp, laptop dll dan jauhkn dr badan anda. TV Singapore tlh mengumumkn berita tersebut. Tlg beritahu keluarga dan sahabat2 anda. Malam ini antara jam 00:30 pagi hingga 3.30 pagi bumi kita akan menghadapi radiasi yg paling tinggi. Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dgn bumi. Oleh itu off hp dll dan jauhkn dr badan anda sbb akn menyebabkan kita mendapat efek radiasi yg berbahaya....Boleh lihat di google dan NASA dan berita BBC. Bagikan pesan ini kpd org2 lain yg penting bagi keluarga ,Teman, Sahabat, dan juga anak istri anda. Anda blh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan berbuat demikian... Semoga bermanfaat. Aamiin... 

Nah benarkan informasi tersebut? 

Kabag Humas LAPAN, Jasyanto menjelaskan jika kabar tersebut palsu atau Hoax. 

“Itu hoaks, tidak benar,” kata Jasyanto. 

Badan Antariksa India juga bilang pesan itu tipuan dan gak ada bukti kredibelnya. 

NASA juga tak pernah mengeluarkan peringatan untuk matikan HP gara-gara cahaya kosmik. 

Sekedar diketahui, radiasi kosmik tidak memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan manusia pada umumnya, langkah-langkah proteksi dan pemantauan dapat membantu mengurangi risiko. 

Alhasil, Anda tidak perlu repot-repot mematikan HP dan perangkat elektronik malam ini dengan alasan bahaya radiasi pancaran cahaya cosmic atau ledakan radiasi kosmik mikro. 
Masyarakat diminta tak mudah percaya jika bukan dari sumber resmi. 

Untuk mengantisipasinya, masyarakat bisa mengecek berita tersebut di mesin pencari google untuk mengetahui apakah berita tersebut “hoax” maupun berita lama. 

Cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan meng-copy semua berita tersebut dan kita tempelkan di mesin pencarian google. Hasil pencarian di mesin google akan menampilkan berita-berita yang serupa sehingga kita bisa tahu berita tersebut “hoax” ataupun asli.***