Cerah Berawan Bakal Selimuti Cuaca Mayoritas Kota-kota Besar di Indonesia pada Kamis, 14 September 2023

Cerah Berawan Bakal Selimuti Cuaca Mayoritas Kota-kota Besar di Indonesia pada Kamis, 14 September 2023

WJtoday, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada Kamis (14/9/2023) memprakirakan cuaca mayoritas kota-kota besar di Indonesia berpotensi cerah berawan.
 
Cuaca di Kota Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinqng, Lampung, Kupang, Pekanbaru, Makassar, Manado, Padang, dan Palembang, diprakirakan cerah berawan pada siang hari.

Sementara wilayah Denpasar, Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Ternate, Mataram, Mamuju, dan Kendari diprediksi berawan.

Wilayah Banjarmasin, Ambon, Jayapura, Manokwari, dan Medan diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 13-14 September 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," ujar Eko.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 8-30 knot.

Kondisi itu meningkatkan peluang gelombang tinggi 2,5-4 meter terjadi di perairan P. Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai-Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten-Jawa Tengah, Samudera Hindia Selatan Jawa, perairan Kep. Tanimbar, perairan Kep. Kai-Kep. Aru, Laut Arafuru.

Sementara gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kep. Nias, perairan Kep. Mentawai, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep. Nias, perairan selatan Jawa Timur-P. Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas-Sape bagian selatan, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, perairan Kupang-P. Rote, dan Samudera Hindia Selatan Bali-NTT.

Demikian prakiraan cuaca hari ini, agar masyarakat dapat mengantisipasi cuaca setiap harinya***