Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Kenali Bedanya dengan Pandemi dan Epidemi

Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Kenali Bedanya dengan Pandemi dan Epidemi
Covid-19
WestJavaToday.com - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO) mengungkapkan virus Covid-19 tidak akan bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karena itu, manusia harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Dr. Michael Ryan, mengatakan, Covid-19 kemungkinan tidak akan pernah sepenuhnya hilang. Meski demikian, pandemi ini akan berubah menjadi endemi.

Lantas, apa perbedaan keduanya? Melansir intermountainhealthcare.org, perbedaan antara kata "pandemi", "epidemi", dan "endemi" sering kali kabur, bahkan oleh para ahli medis. Ini karena definisi setiap istilah berubah, seiring dengan semakin atau kurang lazimnya penyakit dari waktu ke waktu.

Meskipun penggunaan kata-kata ini dalam percakapan mungkin tidak memerlukan definisi yang tepat, mengetahui perbedaannya penting untuk membantu Anda lebih memahami berita kesehatan masyarakat dan tanggapan kesehatan masyarakat yang sesuai.

Endemi adalah sesuatu yang hanya terjadi di wilayah atau negara tertentu.

Epidemi sendiri, adalah ketika wabah penyakit tersebut sudah menyerang sejumlah besar orang dalam suatu komunitas, populasi, atau wilayah.

Sedangkan Pandemi, adalah epidemi yang sudah menyebar di banyak negara atau benua.

Cara sederhana untuk mengetahui perbedaan antara epidemi dan pandemi adalah dengan mengingat “P” dalam pandemi, yang berarti pandemi memiliki paspor. Dengan kata lain, pandemi adalah epidemi yang menyebar.

Tapi apa perbedaan antara Epidemi dan Endemi? Epidemi terjadi ketika penyakit menyebar secara aktif, dan kasus baru secara substansial melebihi apa yang diharapkan. Artinya, penyakit tersebut sudah berada di luar kendali.

Epidemi sering kali terlokalisasi di suatu wilayah, tetapi jumlah orang yang terinfeksi di wilayah itu jauh lebih tinggi daripada biasanya. Misalnya, ketika Covid-19 terbatas di Wuhan, China, itu adalah epidemi. Penyebaran geografis mengubahnya menjadi pandemi.

Lantas jika Endemi, adalah penyakit yang berada di lokasi tertentu. Seperti malaria endemi di beberapa bagian Afrika.***